[SALAH] “Lampu bendera Lebanon dinyalakan di Piramida Mesir”

Foto editan / suntingan. Gambar asli adalah gambar dua piramida yang sama dihiasi dengan cahaya lampu berwarna biru keunguan. Tulisan berbahasa Inggris “EXPERIENCE EGYPT SOON”, terlihat di piramida bagian depan. Kementerian Pariwisata Mesir juga telah membantah klaim tentang bendera Lebanon di piramida Giza itu.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
============================================

Akun Berita Dunia Islam (fb.com/PusatKajianDuniaIslam) mengunggah sebuah gambar dengan narasi sebagai berikut:

“Lampu bendera Lebanon dinyalakan di Piramida Mesir untuk menunjukkan solidaritas pada musibah ledakan yang mengguncang ibu kota Beirut. Kementerian Pariwisata dan Antik Mesir membagikan foto-foto di Facebook yang menunjukkan piramida itu dan mengungkapkan belasungkawa pada Lebanon.
#duniaislam #iniwstudies #beritaduniaislam #beritaterkini”

Di gambar yang ia unggah, terdapat foto 2 piramida Mesir yang seolah dihiasi cahaya lampu bergambar bendera Lebanon dan narasi: “Lampu Solidaritas Ledakan Lebanon di Piramida Mesir”

Sumber : https://perma.cc/R8Y4-CE7V (Arsip)

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Periksa Fakta AFP, klaim adanya foto piramida di Giza, Mesir, yang dihiasi cahaya lampu bergambar bendera Lebanon dan diklaim hal itu sebagai bentuk solidaritas terhadap korban ledakan di Beirut adalah klaim yang salah.

Faktanya, foto itu adalah foto editan atau suntingan. Gambar asli adalah gambar dua piramida yang sama dihiasi dengan cahaya lampu berwarna biru keunguan. Tulisan berbahasa Inggris “EXPERIENCE EGYPT SOON”, terlihat di piramida bagian depan. Kementerian Pariwisata Mesir juga telah membantah klaim tentang bendera Lebanon di piramida Giza itu.

Pencarian gambar terbalik dan pencarian kata kunci di Google menemukan foto yang mirip diunggah pada tanggal 19 April 2020 di akun Facebook resmi Kementerian Pariwisata Mesir.

Video AFP yang diambil tanggal 19 April 2020 ini memperlihatkan piramida dengan warna cahaya yang sama. Keterangan foto, diterjemahkan dari bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia, berbunyi: “Piramida megah dihiasi dengan cahaya biru dan disinari laser dengan pesan ‘Tetap di Rumah’ pada tubuh piramida Giza di luar ibukota Mesir, Kairo, pada saat Hari Warisan Dunia, saat negara itu berperang melawan penyebaran COVID-19.”

Kementerian Pariwisata Mesir juga telah membantah klaim tentang bendera Lebanon di piramida Giza itu. “Berita ini tidak benar,” seorang sumber di kementerian itu mengatakan kepada wartawan AFP biro Kairo lewat sambungan telepon.

REFERENSI
https://periksafakta.afp.com/foto-piramida-mesir-ini-telah-disunting-dengan-menambahkan-gambar-bendera-lebanon
https://www.facebook.com/moantiquities/photos/a.979988385380145/2996667420378888/?type=3&theater
http://u.afp.com/3Bus

About Adi Syafitrah 1361 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo