[SALAH] Kanada Sudah Terbebas dari Covid-19

Informasi tersebut menyesatkan. Tidak benar jika Kanada sudah terbebas dari virus corona atau Covid-19. Merujuk pada kanal resmi WHO, data menunjukkan pada 10 Agustus 2020 Kanada mencatatkan 236 kasus baru positif Covid-19.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: MISLEADING CONTENT

===

SUMBER: MEDIA SOSIAL FACEBOOK

===

NARASI:

CANADA is now Covid free! i hope philippines next, don’t lose hope, GOD will heal!♡

===

PENJELASAN: Melalui media sosial Facebook, akun @IvanJayLamban membagikan informasi perihal Kanada yang sudah terbebas dari virus corona atau Covid-19. Hingga saat ini unggahan @IvanJayLamban telah mendapat 17 komentar dan 900 kali dibagikan oleh pengguna Facebook lainnya.

Namun pasca dilakukan penelusuran lebih lanjut, diketahui bahwa informasi yang dibagikan adalah tidak sesuai dengan fakta. Merujuk pada situs resmi Organisasi Kesehatan Dunia WHO yakni who.int, data terbaru menunjukkan bahwa pada 10 Agustus 2020 Kanada mencatat 236 kasus baru positif Covid-19. Dengan bertambahnya kasus baru tersebut, Kanada terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 119.221 dan 8.976 meninggal.

Melansir dari factcheck.afp.com, Kepala Petugas Masyarakat Kanada, Theresa Tam menjelaskan jika Kanada mencatatkan rata-rata kasus positif Covid-19 mencapai 400 setiap harinya. Theresa juga menuturkan bahwa negaranya masih terus mempelajari bagaimana hidup dengan virus yang berada di tengah-tengah masyarakat.

“Kami masih mempelajari hidup dengan virus yang ada di tengah-tengah masyarakat. Warga Kanada terus menyesuaikan beradaptasi diri dengan protocol kesehatan yang ada,” ujar Theresa.

===

REFERENSI:

https://covid19.who.int/region/amro/country/ca
https://factcheck.afp.com/false-claim-circulates-online-philippines-canada-free-novel-coronavirus
http://archive.fo/0m4Qd