[SALAH] Video “Ledakan pabrik kembang api di pelabuhan Beirut Lebanon sudah pernah diprediksi oleh The Simpson”

Video editan / suntingan. Adegan di video itu berasal dari 2 video film The Simpson yang berbeda, yaitu video berjudul “Illegal Fireworks (Summer of 4 Ft. 2)” dan video “The Ned Zone (Treehouse of Horror XV)”

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
============================================

Akun Twitter Nara Shikamakmur (twitter.com/alatreproduksi) mengunggah sebuah video dengan narasi:

“Ledakan pabrik kembang api di pelabuhan Beirut Lebanon sudah pernah diprediksi oleh The Simpson.”

Video itu memperlihatkan karakter utama The Simpson, Homer membeli bahan peledak di sebuah toko. Adegan berikutnya, Homer memanaskan sumbu bahan peledak itu di kompor yang kemudian terjadi ledakan hebat. Ledakannya membentuk asap berbentuk jamur.

Sumber : https://archive.md/KcJT8 (Arsip)

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya video film The Simpson yang memprediksikan ledakan di pelabuhan Beirut, Lebanon adalah klaim yang salah.

Faktanya, video itu adalah video hasil editan atau suntingan. Adegan di video itu berasal dari 2 video film The Simpson yang berbeda, yaitu video berjudul “Illegal Fireworks (Summer of 4 Ft. 2)” dan video “The Ned Zone (Treehouse of Horror XV)”

Pada video yang salah satunya diunggah oleh kanal Youtube eman4240 pada Agustus 2011 dengan judul “Illegal Fireworks”, adegan yang sebenarnya terjadi ketika Homer menyulut sumbu peledak itu di kompor bukan langsung meledak dan membentuk asap berbentuk jamur.

Namun, Homer panik, mondar-mandir di dapur lalu melempar peledak tersebut ke dalam kulkas. Tidak sampai di sana saja. Homer mengambil peledak itu kembali dan meletakkan di mesin pencuci piring. Ledakan dahsyat tidak terjadi. Peledak itu hanya menyebabkan mesin pencuci piring dan saluran air di wastafel rusak.

Sementara ledakan besar di bagian akhir video di sumber klaim, adalah adegan di film The Simpson “The Ned Zone (Treehouse of Horror XV)” yang salah satunya diunggah kanal Youtube Shahan Ali pada Mei 2012.

Dalam video tersebut, ledakan besar itu terjadi karena Homer menekan tombol penghancur dengan lidahnya, menyebabkan pembangkit listrik meledak dan sebagian besar pusat Springfield hancur.

Selain itu, Pemerintah Lebanon meyakini biang keroknya adalah gudang di pelabuhan yang terbakar. Gudang itu menyimpan sekitar 2.750 ton amonium nitrat yang tersimpan di gudang lokasi ledakan besar Beirut. Perdana Menteri (PM) Lebanon, Hassan Diab, mengatakan ada sekitar 2.750 ton amonium nitrat tersimpan di gudang lokasi ledakan besar Beirut. Hassan menyebut pengiriman bahan pemicu ledakan itu tersimpan di gudang selama 6 tahun.

Pakar nuklir punya pendapat yang tegas: ledakan di Beirut bukan efek dari bom nuklir. Tak ada tanda-tanda proses pelepasan radiasi sama sekali.

“Jelas bukan nuklir. Ledakan di Beirut tak ada seujung kukunya dari efek bom nuklir kecil,” kata Jeffrey Lewis kepada Motherboard, selaku Direktur Middlebury Institute of International Studies yang rutin mengkaji proses pelucutan nuklir di berbagai negara.

“Selain itu, proses ledakan nuklir tidak diawali dengan asap membumbung seperti di Beirut, sebagaimana kita saksikan dari rekaman amatir di media sosial.”

REFERENSI
https://www.suara.com/news/2020/08/05/200528/cek-fakta-benarkah-the-simpsons-prediksi-ledakan-dahsyat-di-lebanon?page=all
https://www.youtube.com/watch?v=Zc2d652_2hE
https://simpsons.fandom.com/wiki/Summer_of_4_Ft._2/Quotes
https://www.youtube.com/watch?v=iuge2qC8rTA
https://simpsons.fandom.com/wiki/Treehouse_of_Horror_XV
https://turnbackhoax.id/2020/08/05/salah-4-agustus-2020-lebanon-saat-diserang-bom-nuklir/

About Adi Syafitrah 1243 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo