[SALAH] Foto “Habib Rizieq dan Firza Husein”

Foto editan / suntingan. Foto aslinya adalah foto yang memperlihatkan Firza Husein sedang diperiksa oleh pihak kesehatan dari Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Metro Jaya. Kuasa Hukum Firza Husein saat itu, Azis Januar membantah kabar bahwa kliennya tengah dalam kondisi hamil.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
============================================

Akun Aurrel Aurrel (fb.com/100042429525111) mengunggah gambar yang seolah mempelrihatkan Habib Rizieq dan Firza Husein sedang bersama dengan narasi sebagai berikut:

“Yg sabar mbak firza.
Sesuai hadis m***k kamu sudah di halal kan..sama ayahanda rijik sohab”

Pada foto itu tampak narasi seolah percakapan di antara Firza dan HRS sebagai berikut:

Firza : “Aku Hamil Bang…”
HRS : “Sabar yaa Neng, Abang BURON dulu…”

Sumber : https://archive.vn/rKwR5 (Asli)

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya foto Habib Rizieq dan Firza Husein yang sedang bersama adalah klaim yang salah.

Faktanya, foto itu adalah foto editan atau suntingan. Foto aslinya adalah foto yang memperlihatkan Firza Husein sedang diperiksa oleh pihak kesehatan dari Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Metro Jaya.

Saat itu, Firza Husein menjalani pemeriksaan lanjutan di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya pada tahun 2017. Kuasa Hukum Firza Husein saat itu, Azis Januar membantah kabar bahwa kliennya tengah dalam kondisi hamil. Aziz mengatakan, kesehatan kliennya menurun setelah menjalani pemeriksaan selama dua hari.

Belakangan, pihak kepolisian mengeluarkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) kasus yang diduga mellibatkan Firza dan HRS. Firza pun merasa senang terkait SP3 tersebut.

“Alhamdulillah, terima kasih ya Allah. Terima kasih kepada kedua orang tua, anak, saudara dan seluruh keluarga saya. Terima kasih kepada pengacara, kerabat, sahabat satu perjuangan yang telah mendoakan dan selalu mendukung saya. Terima kasih kepada Kepolisian Republik Indonesia,” kata Firza seperti dilansir Detik.com, Minggu 17 Juni 2018.

REFERENSI
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/aNraPWgK-beredar-foto-habib-rizieq-dan-firza-husein-itu-hoaks
https://sumutpos.co/2017/05/17/hari-kedua-digarap-penyidik-darah-tinggi-firza-naik/
https://hukum.rmol.id/read/2017/05/18/291868/Kabar-Firza-Husein-Hamil-Dibantah-Kuasa-Hukum-
https://news.detik.com/berita/d-4071871/suara-firza-husein-setelah-sp3-kasus-chat-habib-rizieq

About Adi Syafitrah 1333 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo