[SALAH] Pria Di Lingkaran Biru Adalah Habib Husen Bin Syihab Ayahanda Dari Habib Riziq Syihab

Bukan ayah dari Habib Rizieq Shihab. Pria dalam lingkaran itu adalah Asad Shahab, salah satu pendiri Arabian Press Board (APB). Sedangkan ayah dri HRS adalah Habib Hussein bin Muhammad Shihab yang adalah salah seorang pendiri Gerakan Pandu Arab Indonesia.


======


[KATEGORI]: KONTEN YANG SALAH


======


[SUMBER]: http://archive.fo/fG4PS


======


[NARASI]:


“Fix”


======


[PENJELASAN]:


Akun facebook bernama Deni Indra Koto megunggah gambar dari postingan gambar yang di dalamnya terdapat narasi dari sebuah grup facebook. Dalam foto tersebut diklaim bahwa orang yang dilingkari berwarna biru dan berdiri disamping Presiden pertama Indonesia, Soekarno adalah Habib Husen Bin Syihab, Ayahanda Habib Riziq Shihab yang membantu memplokamatoran kemerdekaan NKRI.


Berdasarkan penelusuran, klaim tersebut merupakan klaim yang keliru dan sudah pernah di periksa faktanya oleh mafindo pada 16 desember 2019 dengan judul “[SALAH] Foto “Yg di lingkaran Warna biru adalah Habib Husen Bin Syihab ayahanda dari Habib Riziq Syihab”.


Faktanya, pria yang di tandai dengan lingkaran biru itu bukanlah Habib Hussein bin Muhammad Shihab, ayahanda dari Habib Rizieq Shihab. Pria itu adalah Muhammad Asad Shahab.


Muhammad Asad Shahab, lahir di Jakarta, 23 September 1910, sementara Habib Hussein bin Muhammad Shihab, lahir tahun 1920-an. Asad Shahab meninggal pada 5 Mei 2001, sementara Habib Hussein meninggal pada tahun 1966.


Asad Shahab bersama kakaknya, M. Dzya Shahab dan sahabatnya Husein Alhabsyi mendirikan Arabian Press Board (APB) pada 2 September 1945, sedangkan Habib Hussein adalah seorang pendiri gerakan Pandu Arab Indonesia yang didirikan bersama teman-temannya pada tahun 1937.


Asad dan rekan-rekannya sepakat untuk menamakan kantor berita tersebut Arabian Press Board (APB). Penggunaan kata ‘Arabian’ sebetulnya bertujuan agar Pemerintah Sipil Hindia Belanda (NICA) menganggap APB memiliki hubungan resmi dengan dunia Arab sehingga tidak dapat serta-merta dibubarkan. Berdiri pada 2 September 1945, APB bermarkas di Jalan Gang Tengah Nomor 19 Salemba yang juga merupakan gudang senjata para pejuang republik.


Sementara itu, Habib Hussein bin Muhammad Shihab atau Hussein bin Muhammad bin Hussein bin Abdullah bin Hussein bin Muhammad bin Shaikh bin Muhammad Shihab, adalah seorang pendiri gerakan Pandu Arab Indonesia yang didirikan bersama teman-temannya pada tahun 1937.

Pandu Arab Indonesia adalah sebuah perkumpulan kepanduan yang didirikan oleh orang Indonesia berketurunan Arab yang berada di Jakarta, yang selanjutnya berganti nama menjadi Pandu Islam Indonesia (PII).
Hussein Shihab merupakan seorang Betawi keturunan Hadhrami.

Ayahnya bernama Muhammad bin Hussein Shihab, sedangkan ibunya merupakan sepupu dari pendekar Betawi, Si Pitung. Hussein Shihab wafat pada tahun 1966 saat putranya, Muhammad Rizieq Shihab berusia 11 bulan, sehingga sejak saat itu Rizieq hanya diasuh oleh ibunya, Syarifah Sidah, dan tidak dididik langsung oleh Hussein Shihab.


======


REFERENSI:


https://turnbackhoax.id/2019/12/16/salah-foto-yg-di-lingkaran-warna-biru-adalah-habib-husen-bin-syihab-ayahanda-dari-habib-riziq-syihab/


https://news.detik.com/berita/d-3603038/asad-shahab-dan-apb-kabarkan-proklamasi-ri-ke-timur-tengah


https://mediaindonesia.com/read/detail/201359-asad-shahab-bahasa-arab-dan-kebangsaan-indonesia


https://www.pressreader.com/indonesia/jawa-pos/20190723/281552292450651


https://id.wikipedia.org/wiki/Hussein_Shihab


https://id.wikipedia.org/wiki/Muhammad_Rizieq_Shihab