[SALAH] “Kapal Kargo Pengangkut Kadrun tenggelam di Laut China Selatan”

Gambar suntingan / editan. Tidak ada artikel berita seperti itu di situs CNN Internatonal ataupun CNN Indonesia. Foto kapal yang digunakan adalah kapal yang menabrak karang Astrolabe (Astrolabe Reef) yang terletak di sekitar Selandia Baru pada Oktober 2011.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
============================================

Akun Yoga Howedes (fb.com/yoga.fratama.503) mengunggah sebuah gambar yang seolah merupakan artikel berjudul “Kapal Kargo Pengangkut Kadrun tenggelam di Laut China Selatan” yang dimuat di situs CNN pada Minggu, 27 Juli 2020 dan ditulis oleh Andre Nugraha.

Terdapat juga narasi sebagai berikut:

“Kapal Kargo dari Indonesia tujuan ke China dilaporkan tenggelam di Laut China Selatan pada Sabtu malam pukul 22:00 waktu setempat akibat kebocoran lambung Kapal. Kapal tersebut mengangkut Kadrun tujuan China dengan tujuan sebagai objek percobaan Vaksin Covid-19, dimana harga monyet di China sangat mahal sementara harga Kadrun bisa 10 kali lebih murah dari harga monyet. Sampai saat ini masih dalam penyelidikan Otoritas Tiongkok mengenai sebab kecelakaan fatal tersebut.”

Sumber : https://archive.vn/w51W6 (Arsip)

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta Medcom, klaim adanya artikel berjudul “Kapal Kargo Pengangkut Kadrun tenggelam di Laut China Selatan” yang dimuat di situs CNN pada Minggu, 27 Juli 2020 dan ditulis oleh Andre Nugraha adalah klaim yang salah.

Faktanya, gambar itu hasil suntingan atau editan. Tidak ada artikel berita seperti itu di situs CNN Internatonal ataupun CNN Indonesia. Foto kapal yang digunakan adalah kapal yang menabrak karang Astrolabe (Astrolabe Reef) yang terletak di sekitar Selandia Baru pada Oktober 2011.

Medcom juga menelusuri nama Andre Nugraha yang disebut sebagai penulis artikel tersebut di CNN Internatonal. Hasilnya dari dua situs CNN.com dan CNNIndonesia.com, tidak ditemukan informasi tersebut.

Selain itu, hari Minggu bukanlah tanggal 27 Juli 2020, melainkan tanggal 26 Juli 2020.

REFERENSI
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/zNPGpMWK-kapal-kargo-pengangkut-kadrun-tenggelam-di-laut-china-selatan-ini-faktanya
https://edition.cnn.com/
https://www.cnnindonesia.com/tentang-kami#redaksi
https://www.reuters.com/article/idINIndia-59951520111018

About Adi Syafitrah 1185 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo