[SALAH] Foto Dukungan Terhadap Jokowi Jadi Presiden RI Seumur Hidup

Foto yang dibagikan bukan foto dukungan terhadap Joko Widodo menjadi Presiden RI seumur hidup. Foto tersebut merupakan foto dokumentasi saat acara Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) leaders’ summit di Vietnam pada 11 November 2017.

=====

Kategori: False Context/Konten yang Salah

=====

Sumber: Facebook

https://archive.fo/MmCJz

=====

Narasi:

Narasi postingan:

“Bagaimana teman² Pendukung Setia … ⁉️”

Narasi dalam gambar:

“Dukungan terhadap JOKOWI JADI PRESIDEN RI SEUMUR HIDUP.”

=====

Penjelasan:

Akun Facebook Yunus Pasanreseng Andi Padi membagikan foto sejumlah pemimpin dunia bersama Presiden Joko Widodo bertuliskan “Dukungan terhadap JOKOWI JADI PRESIDEN RI SEUMUR HIDUP.” Dalam postingan tersebut, akun Yunus menuliskan narasi postingan pertanyaan kepada anggota grup Facebook SETIA DUKUNG JOKOWI-MA’RUF AMIN #2019-2024.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut bukan bentuk dukungan pemimpin dunia kepada Presiden Joko Widodo menjadi Presiden RI seumur hidup. Foto tersebut merupakan dokumentasi kegiatan dalam acara Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) leaders’ summit di Vietnam pada 11 November 2017.

Foto aslinya itu merupakan hasil jepretan Jorge Silva, fotografer AFP. Foto aslinya dapat dilihat pada laman gettyimages.com. Foto tersebut juga digunakan di sejumlah media.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka konten yang dibagikan akun Yunus memelintir konteks foto aslinya. Oleh karena itu, masuk ke dalam kategori False Context atau Konten yang Salah.

=====

Referensi:

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1244934732505726/

https://www.gettyimages.com/detail/news-photo/chinas-president-xi-jinping-vietnams-president-tran-dai-news-photo/872723746?adppopup=true

https://www.abc.net.au/news/2017-11-11/world-leaders-gather-apec-summit-vietnam/9141586?nw=0