[SALAH] Foto Jokowi dengan Tulisan “KARYA TERBAIK PEMERINTAH ADALAH HUTANG!”

Hasil Periksa Fakta Natalia Kristian (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia).

Gambar tersebut adalah editan, foto Jokowi yang dipakai adalah potongan dari gambar ketika Jokowi meninjau lokasi kebakaran di Pekanbaru.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi / Manipulated Content

= = = = =

SUMBER: Facebook

http://archive.vn/oq9Wx

= = = = =

NARASI:

“Kurang ajar nih yg moto”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah status dari akun Facebook Roel dengan gambar Jokowi depan sebuah grafti bertulisan “KARYA TERBAIK PEMERINTAH ADALAH HUTANG!”. Postingan ini telah dikomentari sebanyak pada 171 kali dan telah mendapatkan 25 likes.

Berdasarkan penelusuran gambar tersebut dengan search engine Google, ternyata foto Jokowi tersebut ada pada gambar artikel berita ketika Jokowi sedang memantau lokasi kebakaran di Pekanbaru pada tahun 2019. Mengutip dari artikel liputan6.com, Jokowi pergi ke Pekanbaru untuk memantau dan juga mengikuti salat minta hujan atau Istisqa di Masjid Amrulloh. Jokowi kemudian melakukan rapat tertutup dengan beberapa menteri, kepala daerah, Panglima TNI, dan Kapolri di Riau.

Melihat dari penjelasan tersebut, informasi Jokowi berdiri didepan tulisan “KARYA TERBAIK PEMERINTAH ADALAH HUTANG!” tersebut tidak benar dan termasuk dalam Konten yang dimanipulasi / Manipulated Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/GNl4y95N-cek-fakta-foto-jokowi-dengan-latar-belakang-tulisan-karya-terbaik-pemeri

https://www.liputan6.com/news/read/4064803/foto-tanpa-masker-jokowi-tinjau-lokasi-kebakaran-hutan-di-pekanbaru?page=3