[SALAH] Akun Facebook Ketua KPU RI “Arief Budiman”

Akun tersebut adalah palsu. Komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi menegaskan bahwa akun yang beredar bukan dibuat ataupun dikelola oleh Ketua KPU Arief Budiman. Pihak KPU saat ini telah berkoordinasi dengan Facebook, meminta agar akun tersebut segera dihapus.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT

===

SUMBER: MEDIA SOSIAL FACEBOOK

===

PENJELASAN: Beredar sebuah akun Facebook mengatasnamakan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman dalam beberapa waktu terakhir. Tampak di akun tersebut potret Arief Budiman yang tengah mengenakan kemeja batik pada foto profil.

Namun belakangan diketahui bahwa akun Facebook “Arief Budiman” adalah palsu. Hal tersebut disampaikan oleh Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi. Dijelaskan bahwa akun tersebut tidak dibuat ataupun dikelola oleh Arief Budiman. Hingga saat ini pihak KPU telah melakukan koordinasi dengan pihak Facebook untuk segera dilakukan tindakan atas akun tersebut.

“Sedang diurus Pak Viryan ke Facebook untuk di take down. Mohon berhati-hati jika ditambahkan sebagai teman oleh akun tersebut,” jelas Pramono.

Atas terjadinya hal tersebut, berbagai pihak turut serta angkat bicara. Salah satunya adalah peneliti Perludem, Nurul Amaliah. Dikatakan bahwa KPU harus mewaspadai berbagai bentuk ancaman cyber jelang Pilkada mendatang. Ia berharap akun media sosial terkait KPU seperti akun individeu komisioner yang terafiliasi dengan tahapan Pemilu memiliki centang biru atau sudah terverifikasi.

“KPU mesti hati-hati karena sudah banyak pelajaran di Pemilu 2019. KPU bisa meminta kepada platform medsos agar semua akun penyelenggara pemilu diberi centang biru sebagai bukti akun resmi,” pungkas Nurul.

===

REFERENSI:

https://www.antaranews.com/berita/1632698/hoaks-ketua-kpu-ri-punya-akun-baru-facebook
https://www.rmolbanten.com/read/2020/07/23/18332/Akun-Facebook-Ketua-KPU-Dipalsukan,-Pegiat-Medsos-Khawatirkan-Sistem-Situng-
https://cyberthreat.id/read/7688/Peneliti-Perludem-Lawan-Hoax-di-Pilkada-Medsos-Penyelenggara-Harusnya-Centang-Biru
https://web.facebook.com/arief.budiman.5855?_rdc=1&_rdr