[SALAH] “Marc Marquez tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin lanjut menuju kediaman Daeng Naba Tukang Urut”

Judul suntingan / editan. Judul aslinya adalah “Marc Marquez Tiba di Barcelona untuk Operasi, Kapan Bisa Mulai Balapan Lagi?” yang dimuat di situs Kompas.com pada 21 Juli 2020.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
============================================

Akun Tomi Bombing Ab (fb.com/tomiab40) mengunggah sebuah gambar yang seolah tangkapan layar dari artikel berjudul “Marc Marquez Tiba di bandara Internasional Sultan Hasanuddin dan langsung menuju Terminal Mallengkeri dan lanjut menuju Jeneponto di kediaman Daeng Naba Tukang Urut”

Sumber : https://archive.md/Z6IVK (Arsip)

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa ada artikel berjudul “Marc Marquez Tiba di bandara Internasional Sultan Hasanuddin dan langsung menuju Terminal Mallengkeri dan lanjut menuju Jeneponto di kediaman Daeng Naba Tukang Urut” adalah klaim yang salah.

Faktanya, judul artikel tersebut adalah judul hasil suntingan atau editan. Judul aslinya adalah “Marc Marquez Tiba di Barcelona untuk Operasi, Kapan Bisa Mulai Balapan Lagi?” yang dimuat di situs Kompas.com pada 21 Juli 2020.

Dilansir dari Kompas, pebalap tim Repsol Honda, Marc Marquez, sudah tiba di Barcelona, Spanyol, untuk menjalani operasi.

Marc Marquez menderita patah tulang pada lengan kanannya seusai mengalami kecelakaan pada seri pembuka MotoGP 2020 yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (19/7/2020) malam WIB.

Kecelakaan atau crash itu terjadi pada lap ke-22, saat Marc Marquez tengah berusaha mengejar dua pebalap di depannya, Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) dan Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha). Marc Marquez yang terlempar dari motornya langsung mendapat perawatan intensif dan tak bisa menyelesaikan balapan.

Setelah menjalani perawatan dan pemeriksaan lebih lanjut, saat ini Marc Marquez dikabarkan telah sampai di Barcelona. Rencananya dia akan menjalani operasi bersama dr Xavier Mir beserta tim pada Selasa (21/7/2020) waktu setempat.

Dokter yang menangani Marc Marquez mengatakan bahwa timnya menargetkan agar sang pebalap bisa kembali tampil pada seri ketiga MotoGP 2020. Adapun seri ketiga MotoGP dijadwalkan berlangsung pada 9 Agustus 2020 di Sirkuit Brno, Republik Ceko.

REFERENSI
https://www.kompas.com/motogp/read/2020/07/21/06000058/marc-marquez-tiba-di-barcelona-untuk-operasi-kapan-bisa-mulai-balapan-lagi
https://www.gridoto.com/read/222253758/update-marc-marquez-sudah-tiba-di-barcelona-tangan-kanan-penuh-balutan-kain-perban-siap-operasi-ini-proses-datangnya

About Adi Syafitrah 929 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo