[SALAH] “Inisial “H” di Nama Jokowi Ternyata Kepanjangan dari Herbertus”

Hasil Periksa Fakta Konaah (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta).

Presiden Jokowi membantah inisial “H” merupakan kepanjangan dari Herbartus. Jokowi mengatakan seluruh keluarganya telah menunaikan ibadah haji. Isu ini telah beredar sejak 2014 lalu ketika Jokowi maju sebagai Calon Presiden di Pilpres 2014.

=====

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====

SUMBER: FACEBOOK

https://archive.vn/oQS1M

=====

NARASI:

“Ternyata #HERBERTUS asli china cipit 🤣😂”

=====

PENJELASAN:

Beredar postingan dari Akun Facebook Novita Sari yang membagikan sebuah gambar di grup HUMAS MABES POLRI Indonesia dalam gambar tersebut terdapat narasi yang menyebutkan bahwa “Ir. H. joko widodo ternyata bukan Haji melainkan Ir. Herbertus Joko Widodo (Oey Hong Liong) dalam usia 53 tahun.”

Berdasarkan hasil penelusuran tenyata isu ini sudah muncul sejak tahun 2014 ketika Jokowi maju mencalonkan diri sebagai Calon Presiden dalam Pilpres 2014. Dilansir dari Tempo.co Jokowi telah membantah mengenai inisial “H” yang disematkan di depan namanya merupakan kepanjangan dari Herbertus.

“Saya kan sudah haji, istri saya hajah,” kata Jokowi sebelum memulai pidato politik dalam Tanwir Muhammadiyah yang digelar di Hotel Mesra Samarinda, Kalimantan Timur, Sabtu, 24 Mei 2014.

Jokowi mengatakan seluruh keluarganya sudah menunaikan ibadah haji. “Saya tak mau riya, tapi ini perlu saya sampaikan untuk membantah semua isu yang ada,” ujar mantan Wali Kota Solo itu.

Begitu pun dengan Oey (Oei) Hong Liong yang disebutkan sebagai ayah dari Jokowi hal tersebut tidak benar. Oei Hong Liong merupakan seorang pengusaha Singapura kelahiran Indonesia putra dari Eka Tjipta Widjaja pengusaha dan pendiri Sinar Mas Group, ia telah menikah dan memiliki empat orang anak. Selain itu, selisih umur di antara mereka sekitar 13 tahun, pada tahun 2013 Oei Hong Liong berusia 65 tahun sedangkan Jokowi berusia 52 tahun.

Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada 21 Juni 1961, anak pertama dari empat bersaudara, putra dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudjiatmi Notomiharjo. Ia mengawali karir di dunia politik dengan menjabat sebagai Wali Kota Surakarta, Gubernur DKI Jakarta sampai dengan Presiden RI ke-7 selama dua periode.

Dengan demikian, inisial “H” yang disematkan di depan nama Jokowi kepanjangan dari Herbertus termasuk pada konten yang menyesatkan. Faktanya Jokowi dan keluarga telah menunaikan ibadah haji.

=====

REFERENSI:

https://pemilu.tempo.co/read/580050/soal-inisial-h-jokowi-haji-bukan-herbertus

https://www.merdeka.com/politik/adik-jokowi-kami-sekeluarga-keturunan-jawa-tulen-semua-muslim.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Joko_Widodo

https://id.wikipedia.org/wiki/Oei_Hong_Leong#:~:text=Oei%20Hong%20Leong%20atau%20Peter,%24745%20juta%20pada%20Agustus%202013

https://www.solopos.com/inilah-oei-hong-leong-sosok-yang-sering-dikaitkan-dengan-jokowi-506296