[SALAH] “Pelaku perampokan dan pembacokan supir truk di Ranca ekek Bandung ,di tembak mati tim Buser”

Bukan di Bandung. Kejadian di video itu adalah kasus penembakan terhadap dua pemuda hingga tewas yang terjadi di dekat Taman La Judea, daerah perkotaan El Santuario, Antioquia, Kolombia pada Januari 2020.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Salah
============================================

Akun Video lucu lucu (fb.com/viralkocakvideo) mengunggah sebuah video dengan narasi sebagai berikut:

“Pelaku perampokan dan pembacokan supir truk di Ranca ekek Bandung ,di tembak mati tim Buser …mantap kali”

Video itu memperlihatkan dua orang yang langsung roboh setelah terkena tembakan oleh seorang pria.

Sumber : https://archive.md/PEZVT (Arsip)

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video penembakan pelaku perampokan dan pembacokan supir truk oleh Tim Buser di Rancaekek, Bandung adalah klaim yang salah.

Faktanya, peristiwa di video itu bukan terjadi di Bandung. Kejadian di video itu adalah kasus penembakan terhadap dua pemuda hingga tewas yang terjadi di dekat Taman La Judea, daerah perkotaan El Santuario, Antioquia, Kolombia pada Januari 2020.

Berdasarkan artikel berjudul “SE TOMAN MEDIDAS ESPECIALES EN EL SANTUARIO, TRAS MUERTE DE DOS VENEZOLANOS.” yang dimuat di situs Primero Oriente pada 29 Januari 2020, disebutkan bahwa penembakan itu merenggut dua orang warga negara Venezuela. Lokasinya berada di dekat Taman La Judea, daerah perkotaan El Santuario, Antioquia, Kolombia.

Penembakan yang terjadi pada Selasa (28/1/2020) dini hari itu menewaskan dua pemuda asal Venezuela. Mereka bernama Hernán de Jesús Medina Cerrudo, 21, dan Carlos José Cano Villasmin, 19. Setelah menembak dua orang, pelaku langsung kabur ke daerah pedesaan El Santuario.

Menurut artikel di situs Semana, publikasi ancaman dan rencana pembunuhan melalui Instagram dilakukan anggota geng yang menyebut dirinya ”Los Pepes” ke arah kelompok musuh. Kepolisian Antioquia telah mengerahkan tim khusus untuk menyelidiki pembunuhan dan kelompok tersebut. Mereka menilai publikasi ancaman pembunuhan sebagai bentuk intimidasi yang telah memicu rasa ketakutan warga di El Santuario.

REFERENSI
https://www.jawapos.com/hoax-atau-bukan/14/07/2020/bukan-di-bandung-aslinya-penembakan-brutal-di-kolombia/
http://primerooriente.com/se-toman-medidas-especiales-en-el-santuario-tras-muerte-de-dos-venezolanos/
https://www.semana.com/nacion/articulo/los-asesinatos-y-las-amenazas-que-se-publicitan-por-instagram-en-antioquia/650238

About Adi Syafitrah 783 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo