[SALAH] Video “Didemo rakyat, KETUA WAKIL RAKYAT DAN EMAKNYA ngga berani mongol malah GOYANG CORONA”

Tidak terkait dengan Virus Corona COVID-19. Video tersebut beredar sebelum pemerintah mengumumkan adanya pasien terkonfirmasi positif COVID-19 pertama di Indonesia, pada 2 Maret 2020.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
============================================

Akun Lestari (fb.com/lestari.antique) mengunggah sebuah video ke grup Mujahid Aksi Bela Islam (fb.com/groups/595959060597810) dengan narasi sebagai berikut:

“Didemo rakyat, KETUA WAKIL RAKYAT DAN EMAKNYA ngga berani mongol.. malah GOYANG CORONA Tapi biarkan saja..itung itung pesta dulu sebelum mereka DIBUBARKAN”

Video itu memperlihatkan Megawati Soekarnoputri, Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sedang berjoget dengan gerakan yang diklaim sebagai goyang corona.

Sumber : https://archive.md/pPthW (Arsip)

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa ada video Megawati Soekarnoputri, Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sedang berjoget dengan gerakan yang diklaim sebagai goyang corona adalah klaim yang salah.

Faktanya, video tersebut sama sekali tidak terkait dengan Virus Corona COVID-19. Video tersebut beredar sebelum pemerintah mengumumkan adanya pasien terkonfirmasi positif COVID-19 pertama di Indonesia, pada 2 Maret 2020.

Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Megawati Soekarnoputri

Video yang identik, salah satunya diunggah oleh akun Facebook Bu Mega Bercerita pada tanggal 23 Januari 2020, pada saat acara perayaan ulang tahun Megawati Soekarnoputri.

=====================

2. Walikota Surabaya Tri Rismaharini

Video yang identik, diunggah oleh kanal Youtube milik detikcom pada 12 Oktober 2017 dengan judul “Cucok!! Aksi Wali Kota Risma Joget Gemu Fa Mi Re”. Video ini adalah salah satu cara unik yang dilakukan Pemkot Surabaya untuk memperingati HUT ke-72 Provinsi Jatim.

=====================

3. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Video yang identik, diunggah oleh kanal Youtube NEXT Communication dengan judul “Pak Ganjar Pranowo ber-dangdut ria” pada 5 November 2014. Saat itu, Ganjar memenuhi tantangan ber-goyang dangdut #ILIKEDANGDUT dan berdonasi tujuan nya untuk pembangunan sekolah yang rusak.

=====================

4. Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Video yang identik, salah satunya diunggah oleh kanal Youtube Indosiar dengan judul “Viral no 5 Asian Games 2018: Jokowi Joget Goyang Dayung | Asian Games 2018” pada 2 September 2019.Aksi Goyang Dayung dilakukan saat Via Vallen tampil di atas panggung membawakan lagu tema Asian Games berjudul Meraih Bintang di pembukaan ajang turnamen olahraga bergengsi terbesar se-Asia, Asian Games 2018, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu 18 Agustus 2018 lalu.

REFERENSI
https://www.facebook.com/watch/?v=223015008723760
https://www.youtube.com/watch?v=syiUszBrw1k
https://www.youtube.com/watch?v=vdLZmw15cqo
https://www.youtube.com/watch?v=DxqDkfEzkKU
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4300732/cek-fakta-tidak-benar-dalam-video-ini-jokowi-megawati-risma-dan-ganjar-sedang-goyang-corona

About Adi Syafitrah 882 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo