[SALAH] Foto “Uya Kuya Menghipnotis Wapres Maruf Amin”

Foto suntingan / editan. Foto asli Uya Kuya itu adalah ketika Uya Kuya menghipnotis Dewi Persik pada tahun 2013 dan foto Wapres Maruf Amin yang sedang berdoa adalah ketika Kiyai Maruf Amin dan ratusan ulama lain berdzikir bersama di Istana Merdeka, Agustus 2018.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
============================================

Akun Najib Al Rohman (fb.com/fatur.askun) mengunggah sebuah gambar ke grup KEBANGKITAN ISLAM AKHIR ZAMAN ( Imam Mahdi) (fb.com/groups/1809861609053856) dengan narasi:

“Pak kiai bela dong byk umat Islam lgi di pojokan bela Islam jga ibadah”

Di gambar yang memperlihatkan Uya Kuya yang seolah sedang menghipnotis Wapres Maruf Amin itu terdapat narasi “AYO JUJUR, SELAMA JADI WAPRES SUDAH NGAPAIN APA AJA…?”

Sumber : https://archive.md/QoJZB (Arsip)

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya foto Uya Kuya menghipnotis Wapres Maruf Amin dan menanyai Kiyai Maruf Amin Maruf Amin selama jadi wapres sudah melakukan apa saja adalah klaim yang salah.

Faktanya, foto tersebut adalah foto suntingan atau editan. Foto asli Uya Kuya itu adalah ketika Uya Kuya menghipnotis Dewi Persik pada tahun 2013 dan foto Wapres Maruf Amin yang sedang berdoa adalah ketika Kiyai Maruf Amin dan ratusan ulama lain berdzikir bersama di Istana Merdeka, Agustus 2018.

Salah satu video yang identik dengan foto Uya Kuya tersebut diunggah di kanal Youtube Zalika Syindjia pada 8 Desember 2013 dengan judul “DEWI PERSIK & SITI BADRIAH DI HIPNOTIS LIVE OLEH UYA KUYA 8 DESEMBER 2013”

Sementara itu, foto Kiyai Maruf Amin tersebut dimuat di situs suara.com pada 02 Agustus 2018 di artikel berjudul “Ratusan Ulama Zikir Bersama di Istana”

REFERENSI
https://www.suara.com/foto/2018/08/02/065713/ratusan-ulama-zikir-bersama-di-istana?page=3
https://www.youtube.com/watch?v=a9Ocr4ONo5Y

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo