[SALAH] Foto “sekarang Papua mempunyai jalan Trans Papua yg kinclong dan mulus”

Bukan jalan Trans Papua. Jalan di foto itu adalah salah satu ruas Jalan Tol Cipularang (Cikampek–Purwakarta–Padalarang) Jawa Barat.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Salah
============================================

Akun Efendi Baharudin (fb.com/efendi.baharudin) mengunggah sebuah foto jalan dengan narasi sebagai berikut:

“Alamak , Kenikmatan apalagi yg akan didustakan, sekarang Papua mempunyai jalan Trans Papua yg kinclong dan mulus. Papua dapat menikmati ini setelah 74 tahun merdeka, terlambat memang, tetapi lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali.
Terimakasih pak Presiden,terimakasih pak Jokowi.”

Sumber : https://archive.md/7M5Cr (Arsip)

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya jalan Trans Papua berdasarkan foto yang diunggah oleh akun Efendi Baharudin adalah klaim yang salah.

Faktanya, jalan di foto tersebut bukanlah jalan Trans Papua melainkan salah satu ruas Jalan Tol Cipularang (Cikampek–Purwakarta–Padalarang) Jawa Barat.

Foto yang sama, diunggah di situs media Kata Data pada 30 Oktober 2015 di artikel berjudul “Per 1 November, Tarif 15 Ruas Tol Naik”

Di artikel di sebutkan, bahwa ruas Tol Cipularang (Cikampek–Purwakarta–Padalarang) adalah salah satu dari 15 ruas tol yang mengalami kenaikan tarif sejak 1 November 2015.

Jalan Tol Cipularang adalah jalan tol di Indonesia yang menghubungkan kabupaten Purwakarta dan Bandung. Jalan tol ini selesai dibangun pada akhir April 2005.

Tol ini membentang dari Cikampek – Purwakarta sampai Padalarang. Jalan Tol ini melintasi Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Bandung Barat. Tol ini berada di pegunungan sehingga jalannya naik-turun dan juga mempunyai banyak jembatan yang panjang dan tinggi.

REFERENSI
https://katadata.co.id/berita/2015/10/30/per-1-november-tarif-15-ruas-tol-naik
https://id.wikipedia.org/wiki/Jalan_Tol_Cikampek–Purwakarta–Padalarang
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/VNnX8lak-cek-fakta-foto-penampakan-jalan-layang-tol-di-papua-dibangun-di-era-jokow

About Adi Syafitrah 1268 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo