[SALAH] “Tentara India membunuh kakeknya dan bocah laki-laki ini mengambil batu untuk membunuh pembunuh kakeknya.”

Bocah laki-laki berusia tiga tahun itu diselamatkan oleh polisi India dari lokasi baku tembak antara polisi India dengan gerilyawan Jammu dan Kashmir di Sopore. Dalam peristiwa itu, kakek bocah tersebut memang tewas tertembak, namun tidak ada informasi yang menyebutkan bocah itu mengambil batu untuk membunuh pembunuh kakeknya.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
============================================

Akun Yed Felistinesia (fb.com/samja.yed) mengunggah beberapa foto dengan narasi :

“Tentara India membunuh kakeknya dan bocah laki-laki ini mengambil batu untuk membunuh pembunuh kakeknya. Sekarang tanyakan kepada dunia jika bocah ini mengambil senjata setelah dia besar untuk membunuh pembunuh kakeknya, akankah dunia memanggilnya teroris ?? #Save_Kashmir R.Ul Islam”

Sumber : http://archive.ph/aHnXc (Arsip)

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim CekFakta Tempo, klaim bahwa ada bocah di India yang mengambil batu untuk membunuh tentara India yang membunuh kakeknya adalah klaim yang keliru.

Faktanya, Bocah laki-laki berusia tiga tahun itu diselamatkan oleh polisi India dari lokasi baku tembak antara polisi India dengan gerilyawan Jammu dan Kashmir di Sopore.

Dalam peristiwa itu, kakek bocah tersebut memang tewas tertembak, namun tidak ada informasi yang menyebutkan bocah itu mengambil batu untuk membunuh pembunuh kakeknya.

Menurut laporan HM News, anak itu sedang bepergian bersama kakeknya dengan mobil dari Srinagar ke Handwara. Mereka terjebak dalam baku tembak ketika melintasi Sopore, kota yang berada di distrik Baramulla, sekitar 50 kilometer dari Srinagar.

Sebelumnya, Ayad diketahui menangis tersedu-sedu dan berusaha membangunkan kakeknya yang bersimbah darah. Seorang polisi pun mendekatinya, mengambil Ayad dari lokasi baku tembak itu, lalu menggendongnya untuk diantarkan kepada orang tuanya.

REFERENSI
https://cekfakta.tempo.co/fakta/866/fakta-atau-hoaks-benarkah-bocah-ini-mengambil-batu-untuk-balas-tentara-india-yang-tembak-kakeknya
https://hindi.news18.com/news/nation/jammu-kashmir-sopore-attack-this-is-how-security-forces-rescued-three-years-old-child-3165816.html
https://hwnews.in/news/national-news/3-year-old-boy-survives-kashmir-terror-attack-cries-inconsolably-near-dead-grandfather/140322
https://twitter.com/KashmirPolice/status/1278177597948489729

About Adi Syafitrah 783 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo