[SALAH] “Koplak Kompas TV!! Demo tolak HIP ga disiarkan giliran demo PDIP mereka live”

Informasi tersebut tidak benar. Pada hari yang sama terjadinya demo penolakan RUU HIP Rabu (24/6), Kompas TV turut menayangan siaran langsung yang melaporkan “Update Terkini” di depan Gedung MPR/DRP.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: MISLEADING CONTENT

===

SUMBER: MEDIA SOSIAL FACEBOOK

===

NARASI:

“Koplak Kompas TV!! Demo tolak HIP ga disiarkan giliran demo PDIP mereka live”

===

PENJELASAN: Beredar sebuah unggahan melalui media sosial Facebook oleh akun @Ceullen, perihal klaim bahwa stasiun TV yakni Kompas TV tidak menyiarkan situasi demo penolakan RUU HIP di depan Gedung MPR/DRP Rabu, 24 Juni 2020 lalu. Hingga saat ini unggahan @Ceullen telah mendapat 12 komentar dan dibagikan oleh 22 pengguna Facebook lainnya.

Namun pasca dilakukan penelusuran lebih lanjut, diketahui bahwa klaim @Ceullan tidak sesuai dengan fakta. Coba melakukan penelusuran pada kolom pencarian kompas.tv, ditemukan artikel berjudul “Update Terkini Demo Tolak RUU HIP di Depan Gedung MPR/DPR” yang terbit pada Rabu, 24 Juni 2020. Dalam artikelnya, kompas.tv turut menyisipkan tayangan siaran langsung yang memberitakan situasi terkini demo penolakan RUU HIP.

Jika melihat dari fakta yang ada, klaim akun @Ceullan bahwa Kompas TV tidak menyiarkan demo penolakan RUU HIP adalah tidak benar. Unggahan tersebut masuk ke dalam kategori misleading content. Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

===

REFERENSI:

https://www.kompas.tv/article/89160/update-terkini-demo-tolak-ruu-hip-di-depan-gedung-mpr-dpr
https://web.facebook.com/photo.php?fbid=266846084763439&set=a.102280677886648&type=3