[SALAH] Video “Luput dari pantauan media, MONAS MENJADI LORENG, TOLAK & CABUT RUU HIP”

Video tahun 2016 dan bukan aksi menolak RUU HIP. Aksi ini juga tidak luput dari pantauan media, karena video yang diunggah adalah video dari BBC News Indonesia, salah satu divisi penyiaran berita terbesar di seluruh dunia.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Salah
============================================

Akun Kadek Mulyawan (fb.com/kadek.mukyawati.5) mengunggah sebuah video pada 21 Juni 2020 dengan narasi:

“Luput dari pantauan media MONAS MENJADI LORENG TOLAK & CABUT RUU HIP”

Per-tanggal 23 Juni 2020, narasi tersebut diubah menjadi: “Luput dari pantauan media MONAS MENJADI LORENG oleh PEMUDA PANCASILA dan ORMAS ISLAM.”

Dalam video berdurasi 2 menit 44 detik itu, terdapat logo media BBC Indonesia.

Sumber : http://archive.vn/5izmZ (Arsip)

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa ada video aksi demo menolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila atau RUU HIP pada tanggal 21 Juni 2020 adalah klaim yang keliru.

Video yang diunggah oleh sumber klaim adalah video tahun 2016 dan bukan aksi menolak RUU HIP. Aksi unjuk rasa ini digelar pada 3 Juni 2016 sebagai bagian dari simposium dua hari bertema ‘Mengamankan Pancasila dari Ancaman Kebangkitan PKI & Ideologi Lain’

Aksi ini juga tidak luput dari pantauan media, karena video yang diunggah adalah video dari BBC News Indonesia, salah satu divisi penyiaran berita terbesar di seluruh dunia.

Dikutip dari Tempo.co, video yang berjudul “Liberal=PKI, kata peserta demo anti-PKI” tersebut dipublikasikan pada 3 Juni 2016 di kanal Youtube BBC News Indonesia. BBC Indonesia memberikan keterangan pada video itu sebagai berikut:

“Sekitar 1.500 orang yang merupakan gabungan massa sedikitnya dari Front Pembela Islam, FKPPI, Pemuda Pancasila, Forum Umat Islam berjalan dari Masjid Istiqlal menuju Istana Negara untuk menggelar aksi menolak komunisme dan Partai Komunis Indonesia.”

Aksi demo pada 3 Juni 2020 ini juga ramai diberitakan oleh media media arus utama Indonesia, berdasarkan hasil pencarian di Google dengan menggunakan kata kunci “demo tolak pki monas 2016”

REFERENSI
https://cekfakta.tempo.co/fakta/849/fakta-atau-hoaks-benarkah-ini-video-demo-tolak-kebangkitan-komunisme-di-monas-pada-21-juni-2020
https://www.youtube.com/watch?v=9HjZjgbKSb0
https://www.bbc.com/indonesia/berita_indonesia/2016/06/160603_trensosial_demo_antipki
https://bit.ly/2NshqEv (Hasil pencarian di Google)

About Adi Syafitrah 720 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo