[SALAH] “MA’RUF AMIN NGAKU KALO GROMBOLAN MEREKA ADALAH KODOK”

Akun Twitter @Kiay_MarufAmin adalah akun palsu / akun tiruan. Akun Twitter asli Wapres Ma’ruf Amin adalah @Kiyai_MarufAmin (twitter.com/Kiyai_MarufAmin) yang sudah mendapat tanda verifikasi.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten Tiruan
============================================

Akun Marlina Lina (fb.com/100046160834183) mengunggah sebuah gambar tangkapan layar tweet yang berasal dari akun Twitter @Kiay_MarufAmin dengan narasi sebagai berikut:

“MA’RUF AMIN NGAKU KALO GROMBOLAN MEREKA ADALAH KODOK”

Di gambar tersebut, terdapat narasi “Hari ini saya mendampingi Presiden @jokowi memimpin Rapat Terbatas tentang Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19 serta Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan yang dilaksanakan di Istana KODOK”

Sumber : https://archive.vn/snwcp dan https://archive.md/Wzv8b (Arsip)

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta Medcom, klaim adanya tweet dari Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin yang mengaku ikut rapat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kodok adalah salah.

Akun Twitter @Kiay_MarufAmin yang dilampirkan di gambar yang diunggah oleh sumber klaim adalah akun palsu / akun tiruan.

Akun Twitter asli Wapres Ma’ruf Amin adalah @Kiyai_MarufAmin (twitter.com/Kiyai_MarufAmin) yang sudah mendapat tanda verifikasi.

Di akun aslinya, Kyai Ma’ruf Amin mengunggah foto Rapat Terbatas tersebut dengan narasi:

“Hari ini saya mendampingi Presiden @jokowi memimpin Rapat Terbatas tentang Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19 serta Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan yang dilaksanakan di Istana Merdeka.” tulis akun @Kiyai_MarufAmin, Selasa 23 Juni 2020 pukul 20:00 WIB.

REFERENSI
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/8koB3alb-akun-palsu-wapres-dan-nada-penghinaan
https://twitter.com/Kiyai_MarufAmin
https://twitter.com/Kiyai_MarufAmin/status/1275417867412881408

About Adi Syafitrah 869 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo