[SALAH] “MENOLAK PIKUN….”

Unggahan tulisan “MENOLAK PIKUN….” dengan tangkapan layar foto Ketua Umum PDIP, Megawati serta narasinya “MEGA: PDIP TIDAK BUTUH SUARA UMMAT ISLAM” yang diunggah akun Facebook Muhammad Isa adalah tidak benar. Diketahui Megawati tidak pernah membuat pernyataan tersebut dan unggahan dari akun Facebook Muhammad Isa berupa pelintiran dari pernyataan Sekjen PDIP, Hasto yang mengatakan bahwa PDIP mengaku tak takut bakal ditinggal para pemilihnya dari kalangan muslim karena mendukung pengesahan Perppu tentang Ormas menjadi undang-undang.
=====


KATEGORI: Konten yang Menyesatkan
=====


SUMBER: Facebook
https://archive.fo/0qYdB#
=====


NARASI:
“MENOLAK PIKUN….,” tulis akun Facebook Muhammad Isa, Selasa (16/6).
=====


PENJELASAN:
Akun Facebook Muhammad Isa menuliskan kalimat “MENOLAK PIKUN….” pada Selasa (16/6) lalu. Tulisan tersebut dilengkapi dengan tangkapan layar yang berisi foto Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dengan narasi, “MEGA: PDIP TIDAK BUTUH SUARA UMMAT ISLAM”.
Setelah melakukan penelusuran melalui mesin pencari, unggahn tulisan dan tangkpan layar dari akun Facebook Muhammad Isa adalah salah atau keliru.
Dengan mengetikan kalimat yang sama pada tangkapan layar yang diunggah akun Facebook Muhammad Isa pada mesin pencari, hasilnya tidak ditemukan pemberitaan dari media daring atau online dengan judul serupa.
Diketahui unggahan akun Facebook Muhammad Isa sebelum pernah diperiksa faktanya oleh Mafindo dan beberapa media daring. Klaim dalam tangkapan layar akun Facebook Muhammad Isa adalah pelintiran dari pernyataan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto.
Hasto pernah menyampaikan bahwa bahwa PDIP tak takut bakal ditinggal para pemilihnya dari kalangan muslim karena mendukung pengesahan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Ormas menjadi undang-undang.
Menurut Hasto, selama ini partainya selalu mendapat dukungan dari kantong-kantong massa basis Islam.
“Lho PDIP sendiri lebih dari 85 persen pendukungnya basis muslim. Islam yang membangun peradaban, Islam yang meneladani tokoh-tokoh pergerakan juga. Di mana PDIP betul-betul membumikan itu,” ujar Hasto di kantor DPP PDIP, 28 Oktober 2017.
Selain itu, terkait foto Megawati yang ada dalam tangkapan layar akun Facebook Muhammad Isa, sebenarnya merupakan dokumentasi dari situs jawapos.com. Foto Megawati tersebut digunakan sebagai sampul dalam artikel “Sulit Cari Kader, Megawati Berniat Nyalon di Pilkada 2018” yang ditayangkan pada Desember 2017 lalu.
Dengan begitu, unggahan tulisan dan tangkapan layar akun Facebook Muhammad Isa menurut kategori Misinformasi dan Disinformasi dari First Draft dapat disebut sebagai Misleading Content atau Konten yang Menyesatkan.
=====


REFERENSI:
1. https://archive.fo/0qYdB#
2.https://www.facebook.com/…/permalink/1630632823750378/
3.https://kumparan.com/…/dukung-uu-ormas-pdip-tak-takut
4.https://cekfakta.tempo.co/…/fakta-atau-hoaks-benarkah
5.https://www.jawapos.com/…/sulit-cari-kader-megawati…/