[SALAH] “Semenjak Bapak Jokowi jadi Presiden, Banyak PKI Membakar benderanya sendiri.”

Tangkapan layar yang berisi foto Presiden Jokowi dengan tulisan “Semenjak Bapak Jokowi jadi Presiden, Banyak PKI Membakar benderanya sendiri.” yang diunggah oleh akun Facebook Ali adalah tidak benar. Tidak ditemukan judul serupa dari pemberitaan media daring dan diketahui foto Presiden Jokowi tersebut pernah ditayangkan dalam artikel cnbcindonesia.com, namun tidak terkait dengan tulisan yang diklaim akun Facebook Ali.
=====


KATEGORI: Konten yang Menyesatkan
=====


SUMBER: Facebook
https://archive.fo/TUvJj
=====


NARASI:
“Semenjak Bapak Jokowi jadi Presiden, Banyak PKI Membakar benderanya sendiri.,” unggahan tangkapan layar dengan judul tersebut yang di dalamnya terdapat foto Presiden Jokowi oleh akun Facebook Ali, Kamis (18/6).
=====


PENJELASAN:
Akun Facebook Ali mengunggah tangkapan layar yang berisi foto Presiden Joko Widodo dengan tulisan “Semenjak Bapak Jokowi jadi Presiden, Banyak PKI Membakar benderanya sendiri.,” pada Kamis (18/6).
Setelah menelusuri melalui mesin pencari, diketahui unggahan akun Facebook Ali tersebut adalah salah atau keliru.
Dengan mengetikan judul yang sama pada mesin pencari, tidak ditemukan pemberitaan dengan judul serupa dari media daring.
Adapun, terkait foto Presiden Jokowi dalam unggahan akun Facebook Ali tersebut ditemukan pada artikel cnbcindonesia.com dengan judul “Jokowi Perjuangkan Negara Berkembang Dapat Keringanan Utang” dan “Jokowi: Ekonomi Kita Masih Baik, Lihat Saja Negara Lain” yang ditayangkan pada Selasa dan Rabu, 5 dan 6 Mei 2020.
Di dalam isi artikel cnbcindonesia.com tersebut tidak ditemukan narasi yang berbunyi “Semenjak Bapak Jokowi jadi Presiden, Banyak PKI Membakar benderanya sendiri.”.
Dengan begitu, unggahan akun Facebook Ali menurut kategori Misinformasi dan Disinformasi dari First Draft dapat disebut sebagai Misleading Content atau Konten yang Menyesatkan.
=====


REFERENSI:
1. https://archive.fo/TUvJj
2.https://web.facebook.com/groups/1778152662215040/permalink/3443160492380907/
3.https://www.cnbcindonesia.com/…/jokowi-perjuangkan
4.https://www.cnbcindonesia.com/…/jokowi-ekonomi-kita