[SALAH] “Apa iyaaaaa bisa hamil????”

Foto yang dibagikan itu merupakan foto pria transgender Yuval Topper-Erez dari Israel saat melahirkan anak ketiganya. Ia mengganti gendernya dari wanita menjadi pria pada tahun 2008.

=====

Kategori: False Context/Konten yang Salah

=====

Sumber: Facebook

https://archive.fo/zg3Im

=====

Narasi:

“Astaqfirullah,,,,,  sampai sakit kepala ku beb,,, mikir ini😥😥😝😝😝😝

Apa iyaaaaa bisa hamil???? 😝

Trus masuknya dr mana????? 😝😝😝

Dan keluarnya dimna??? 😝😝😝

Bener” menantang kodrat😥

Kok aq jd geli ya melihatnya😝😝”

=====

Penjelasan:

Beredar postingan sejumlah foto pria tengah melakukan persalinan disertai narasi mempertanyakan cara hamilnya hingga cara keluar bayinya bagaimana.

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa foto yang dibagikannya itu merupakan foto milik Yuval Topper-Erez, seorang pria transgender dari Israel. Foto-foto tersebut merupakan dokumentasi atas kelahiran anak ketiganya. Diketahui bahwa Topper mengubah gendernya dari wanita menjadi pria pada tahun 2008.

Seorang pria transgender memiliki kemungkinan melahirkan bagi mereka yang memilih untuk mempertahankan organ vagina, ovarium, dan uterus sesuai fungsinya. Adapun, proses kehamilan dan persalinannya pun tidak berbeda dengan wanita pada umumnya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, foto-foto yang dibagikan merupakan foto pria transgender Yuval Topper-Erez saat melahirkan anak ketiganya. Oleh sebab itu, konten pada sumber masuk ke dalam kategori False Context atau Konten yang Salah.

=====

Referensi:

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1212945925704607/

https://web.facebook.com/media/set/?set=a.10160905869264619&type=3

https://www.indozone.id/life/AqsbeaX/kisah-yuval-pria-lgbt-israel-melahirkan-anak-ketiga-di-dalam-air-lihat-perjuangannya/read-all

https://www.riauonline.co.id/internasional/read/2020/06/01/yuval-topper-seorang-ayah-yang-melahirkan-anak-ketiga

https://en.wikipedia.org/wiki/Transgender_pregnancy