[SALAH] Akun Facebook Bupati Tegal “Hajjah Umi Azizah”

Akun tersebut merupakan akun palsu. Bupati Tegal mengimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya terhadap akun yang menawarkan penerimaan CPNS atau bantuan Covid-19 mengatasnamakan dirinya. Humas Pemerintah Kabupaten Tegal turut menjelaskan bahwa akun Facebook yang mengatasnamakan Bupati Tegal “Hajjah Umi Azizah” terindikasi melakukan penipuan berkedok penerimaan CPNS.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT

===

SUMBER: MEDIA SOSIAL FACEBOOK

===

PENJELASAN: Sebuah akun Facebook mengatasnamakan Bupati Tegal Umi Azizah beredar. Dari hasil penelusuran yang dilakukan, akun @HajjahUmiAzizah menawarkan jalur-jalur tertentu yang dianggap mampu untuk meloloskan para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Menanggapi adanya informasi terkait akun palsu tersebut, pihak terkait yakni Bupati Tegal Umi Azizah melakukan klarifikasi. Melansir dari tribunnews.com, Umi Azizah mengimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya terhadap akun-akun yang diiringi dengan modus menawarkan sejumlah jasa seperti penerimaan CPNS atau bantuan Covid-19.

“Saya berpesan, masyarakat jangan mudah percaya jika ada akun apapun bentuknya yang mengatasnamakan saya. Entah itu berkedok penerimaan CPNS, bantuan untuk Covid-19, proyek, dan lain-lain. Kalau yang sudah mengetahui system kerja saya, seharunya tidak akan mudah tertipu,” tegasnya.

Senada dengan Umi Azizah, Humas Pemerintah Kabupaten Tegal juga menuturkan hal serupa. Melalui akun Facebook @humastegalkab, ditegaskan bahwa kepada masyarakat agar lebih waspada terhadap akun tersebut. Hal itu dikarenakan akun @HajjahUmiAzizah diduga digunakan untuk melakukan penipuan berkedok penerimaan CPNS.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa, melalui akun palsu tersebut pelaku telah melaksanakan sejumlah aksinya dengan memperdayai orang-orang yang berteman di dalamnya. Penipuan tersebut dilakukan dengan berbagai cara seperti halnya menawarkan formasi CPNS dari kuota yang belum terisi atau tidak ada peminatnya. Pelaku juga menawarkan, apabila masyarakat ingin menduduki formasi tersebut maka disarankan untuk mengikuti jalur CPNS tanpa test dengan berbagai syarat tertentu.

Dalam klarifikasinya, Humas Pemkab Tegal mengimbau masyarakat agar lebih waspada dalam menerima informasi. Diharapkan kepada masyarakat agar klarifikasi tersebut menjadi perhatian dan kewaspadaan masyarakat Kabupaten Tegal terhadap ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab,

Akun palsu yang mencatut nama Bupati Tegal tersebut masuk ke dalam kategori imposter content. Imposter content terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng ketenaran suatu pihak atau lembaga.

===

REFERENSI:

https://web.facebook.com/humastegalkab/posts/1177603799241715?__tn__=-R
https://jateng.tribunnews.com/2020/06/16/nama-bupati-tegal-dicatut-akun-penipuan-cpns-umi-azizah-kalau-ndableg-saya-laporkan
https://faktapers.id/2020/06/waspada-beredar-akun-facebook-palsu-bupati-tegal-ngaku-bisa-loloskan-cpns/