[SALAH] Megawati Meminta Jokowi Pecat Anggota TNI yang Razia Buku Berbau PKI

Unggahan tangkapan layar dari situs OPERAIN[dot]BLOGSPOT[dot]COM dengan judul “Megawati Meminta Jokowi Memecat AnggotaTNI yang Razia Buku Berbau PKI, Jika Tidak…,” pada Selasa (16/6) oleh akun Facebook Noviyanti Dewi Jr. adalah tidak benar. Pada artikel media daring viva.co.id dengan tajuk “Jokowi Didesak Pecat Anggota TNI yang Razia Buku Berbau PKI” yang ditayangkan pada Minggu, 15 Mei 2016 lalu disebutkan yang meminta Presiden Jokowi memecat anggota TNI yang merazia buku-buku kiri adalah Dosen Ilmu Politik Fisip Universitas Airlangga (Unair), Airlangga Pribadi.
=====


KATEGORI: Konten yang Menyesatkan
=====


SUMBER: Facebook
https://archive.fo/zR2h5
=====


NARASI:
“Megawati Meminta Jokowi Memecat AnggotaTNI yang Razia Buku Berbau PKI, Jika Tidak…,” unggahan tangkapan layar dari OPERAIN[dot]BLOGSPOT[dot]COM oleh akun Facebook Noviyanti Dewi Jr. atau @yann.sloww, Selasa (16/6).
=====


PENJELASAN:
Akun Facebook Noviyanti Dewi Jr. atau @yann.sloww mengunggah tangkapan layar dari situs OPERAIN[dot]BLOGSPOT[dot]COM dengan judul “Megawati Meminta Jokowi Memecat AnggotaTNI yang Razia Buku Berbau PKI, Jika Tidak…,” pada Selasa (16/6).
Dalam unggahannya tersebut, akun Facebook Noviyanti Dewi Jr. menambahkan narasi “Nah lhooo….
Cebong ada yg bs jlskan???? Jawab jgn hoax ya bong…hrs fakta:sunglasses::sunglasses:.”
Setelah menelusuri melalui mesin pencari, diketahui unggahan akun Facebook Noviyanti Dewi Jr. adalah salah atau keliru.
Tidak ditemukan berita dari media daring yang memberikan dengan judul yang dibuat oleh OPRAIN[dot]BLOGSPOT[dot]COM. Adapun ditemukan berita dari viva.co.id berjudul “Jokowi Didesak Pecat Anggota TNI yang Razia Buku Berbau PKI” yang ditayangkan pada Minggu, 15 Mei 2016 lalu.
Dalam artikel viva.co.id disebutkan yang meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memecat anggota TNI yang merazia buku-buku kiri adalah Dosen Ilmu Politik Fisip Universitas Airlangga (Unair), Airlangga Pribadi.
Kemudian, foto Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri yang dapat dilihat pada situs pdiperjuangan.id.
Dengan begitu, unggahan akun Facebook Noviyanti Dewi Jr. dalam kategori Misinformasi dan Disinformasi dari First Draft dapat disebut sebagai Misleading Content atau Konten yang Menyesatkan.
=====


REFERENSI:
1. https://archive.fo/zR2h5
2.https://www.facebook.com/…/permalink/786081312185273/
3.https://www.viva.co.id/…/772506-jokowi-didesak-pecat
4. https://pdiperjuangan.id/…/image/33/Diklat-sekolah-Partai/