[SALAH] “Di Jerman tiba2 terdapat *awan hitam tedengar suara adzan sedangkan lingkungan sekitar tdk ada masjid”

TIDAK terkait awan hitam. Suara Adzan berasal dari Masjid Dar Assalam, dioperasikan oleh Neuköllner Begegnungsstätte (NBS).

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Menyesatkan.

======

SUMBER

Page “TV Online Streaming indonesia” (facebook.com/wankthea14, archive.md/VaNbY), sudah dibagikan 1 kali per tangkapan layar dibuat.

https://archive.md/WWjLC (arsip cadangan).

======

NARASI

“Di Jerman secara tiba2 terdapat *awan hitam dan tedengar suara orang adzan, sedangkan lingkungan sekitar tdk ada masjid… Orang2 yg kebetulan lewat di lokasi itu semuanya nonton sambil mengambil gambar awan dan merekam suara adzan tsb… Silahkan saksikan…*

#videoviral #viral #adzandijerman #awanhitam #videoaadzandijerman”.

======

PENJELASAN

(1) First Draft News: “Konten yang Menyesatkan

Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”.

* SUMBER membagikan video berkaitan dengan suara Adzan yang berasal dari Masjid Dar Assalam dengan menambahkan narasi yang TIDAK sesuai dengan fakta, sehingga menimbulkan kesimpulan yang keliru.


(2) Salah satu video yang berkaitan (dengan resolusi yang lebih baik),

* Ahmet GÖKÇEK (twitter.com/AhmetGokcek) @ 3 Apr 2020: “#COVID2019 #berlin #hayirlicumalar Berlin’de ezan sesleri …”


(3) Salah satu berita yang berkaitan,

* Ruptly @ YouTube – 3 Apr 2020: “A call to prayer was heard from a mosque at the same time as bells rang from a nearby church, as a sign of unity in the corona crisis, in Berlin on Friday.​”


(4) Verifikasi lokasi,

* Google Maps: “Dar Assalam Moschee”.


(5) Berkaitan dengan “NBS”,

* NBS eV: “Neuköllner Encounter eV adalah asosiasi di distrik Neukölln. Kami adalah tempat pertemuan multikultural untuk semua orang tanpa memandang kebangsaan, agama, atau bahasa mereka. Kami ingin menjembatani kesenjangan antara masyarakat mayoritas dan migran. Bantu dalam masyarakat kita untuk mempromosikan koeksistensi yang lebih baik dan damai. Bantu membentuk integrasi dan membantu menghubungkan berbagai bagian masyarakat dalam persahabatan dan kepentingan bersama. Kami ingin mempromosikan saling pengertian dan penerimaan melalui dialog.”

* Wikipedia: “The Neuköllner Encounter (NBS) merupakan asosiasi milik masjid Dar-as-Salam milik Islam Sunni iman mengoperasikan di Berlin-Neukölln , . NBS dikunjungi hingga 1500 umat untuk salat Jumat dan dengan demikian merupakan salah satu jemaat masjid terbesar di Berlin. Para pengunjung terutama berasal dari negara-negara Arab, dengan mayoritas kelompok kelahiran Palestina . NBS adalah anggota Dewan Pusat Muslim dan Federasi Islam . Sebuah. bertanggung jawab untuk mengajar Islam di sekolah-sekolah Berlin.”

======

REFERENSI

(1) firstdraftnews.org: “Berita palsu. Ini rumit.” http://bit.ly/2MxVN7S (Google Translate), http://bit.ly/2rhTadC.

(2) Ahmet GÖKÇEK (twitter.com/AhmetGokcek), https://bit.ly/3e7HFfd / https://archive.md/hA9XZ (arsip cadangan).

(3) Ruptly @ youtube.com: “Germany: Church bells and mosque”s call to prayer sound in solidarity during Berlin COVID-19 crisis” https://bit.ly/30OaWIe / https://archive.md/DVWgv (arsip cadangan).

(4) google.com/maps: “Dar Assalam Moschee” https://bit.ly/2MYpuge.

(5) * nbs-ev.de: “Sekilas tentang NBS” https://bit.ly/3fuybuR (Google Translate) / https://bit.ly/3d8OBaJ (arsip cadangan).

* wikipedia.org: “Tempat pertemuan Neukölln” https://bit.ly/3dayAkp (Google Translate) / https://bit.ly/3d6lkgT (arsip cadangan).