[SALAH] Video “Demo di USA aja pakai goyang maumere”

Video suntingan / editan. Video hasil manipulasi dengan menambahkan lagu Gemu Fa Mi Re atau juga yang sering disebut sebagai Lagu Goyang Maumere.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
============================================

Akun Dody Kusuma (fb.com/mbahdody) mengunggah sebuah video dengan narasi:

“Ternyata bener, Indonesia itu jadi barometer ..
Demo di USA aja pakai goyang maumere”

Video itu memperlihatkan puluhan demonstran Afrika-Amerika menari di jalan sambil membawa spanduk dan seolah diiringi lagu Gemu Fa Mi Re atau juga yang sering disebut sebagai Lagu Goyang Maumere.

Sumber : https://perma.cc/TMW6-9A58 (Arsip)

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Periksa Fakta AFP Indonesia, klaim bahwa ada video yang memperlihatkan puluhan demonstran Afrika-Amerika menari di jalan sambil membawa spanduk dan seolah diiringi lagu Gemu Fa Mi Re atau juga yang sering disebut sebagai Lagu Goyang Maumere adalah klaim yang salah.

Video itu adalah video suntingan atau editan. Video hasil manipulasi dengan menambahkan lagu Gemu Fa Mi Re atau juga yang sering disebut sebagai Lagu Goyang Maumere.

Video aslinya diunggah di akun Twitter Frosty (twitter.com/FrostyTheSkid) pada tanggal 31 Mei 2020. Diterjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, cuitan itu berbunyi: “Beritakan ini”. Lalu pada hari berikutnya, Frosty menulis: “Ini di Newark, New Jersey untuk mereka yang ingin tahu.”

NJ.com, situs web berita lokal di New Jersey, juga mengunggah video pengunjuk rasa yang menari di saluran YouTube-nya pada tanggal 31 Mei 2020. Diterjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, judul video itu adalah: “Para pengunjuk rasa di NJ menari di jalanan selama unjuk rasa.”

Sedangkan keterangan video itu berbunyi: “Para pengunjuk rasa bersorak dan menari di Newark, N.J. selama aksi protes damai di hari Sabtu.”

Terdapat teks di video itu yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia berbunyi, “Beginilah cara para pengunjuk rasa di Newark, N.J., menghentikan lalu lintas … Demonstran menari dengan [lagu] Cupid Shuffle … selama aksi untuk memprotes kebrutalan dan rasisme polisi.”

“Cupid Shuffle” adalah lagu yang dirilis pada tahun 2007 oleh artis Cupid.

Aksi demo di Newark itu juga dilaporkan oleh NBC New York pada tanggal 31 Mei 2020.

REFERENSI
https://periksafakta.afp.com/video-unjuk-rasa-black-lives-matter-di-telah-disunting-untuk-menambahkan-lagu-indonesia
https://twitter.com/FrostyTheSkid/status/1267162332276363264
https://www.youtube.com/watch?v=r5PgtWPEhvI
https://www.youtube.com/watch?v=h24_zoqu4_Q
https://www.nbcnewyork.com/news/local/newark-mayor-kicks-off-citys-peaceful-protest-saturday-no-major-damage-violence-reported/2440421/
https://www.google.com/maps/@40.7356929,-74.1721073,3a,37.5y,222.46h,99.21t/data=!3m6!1e1!3m4!1saTyS-9rXsVVTj8uef4o33g!2e0!7i16384!8i8192

About Adi Syafitrah 783 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo