[SALAH] “Wapres Ikhlaskan Saja Dana Haji Di Pakai Pemerintah Biar Kalian Masuk Surga”

Tangkapan layar yang diunggah akun Facebook Widia Siddiq dengan judul “Wapres Ikhlaskan Saja Dana Haji Di Pakai Pemerintah Biar Kalian Masuk Surga” adalah hasil suntingan atau editan. Aslinya berasal dari artikel viva.co.id dengan judul “Jokowi Pusing Tangani Corona, Ma’ruf Amin ‘Hilang Ditelan Bumi’” yang ditayangkan pada Jumat, 5 Juni 2020, pukul 06.06 WIB.
=====


KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi
=====


SUMBER: Facebook
https://archive.fo/ZbmG5
=====


NARASI:
“Wapres Ikhlaskan Saja Dana Haji Di Pakai Pemerintah Biar Kalian Masuk Surga,” tangkapan layar dari media daring viva.co.id yang diunggah akun Facebook Widia Siddiq atau @putri.mentari.127648, Senin (8/6).
=====


PENJELASAN:
Akun Facebook Widia Siddiq atau @putri.mentari.127648 mengunggah screenshot atau tangkapan layar dari media daring viva.co.id dengan judul “Wapres Ikhlaskan Saja Dana Haji Di Pakai Pemerintah Biar Kalian Masuk Surga” pada Senin, (8/6).
Dalam unggahannya tersebut, akaun Facebook Widia Siddiq menambahkan narasi berikut, “Maaf mbah’ bukannya haram pakai uang rakyat tanpa seijin pemiliknya?? Seharusnya suruh pemerintah ikhlaskan kembalikan dana haji biar masuk syurga.” Itupun takabur cz mbah bukan pemilik syurga, tp minimal mengingatkan bab halal haram. Bukan malah sebaliknya macem judul lagu aja fatwanya :blush:.”
Setelah menelusuri melalui mesin pencari, unggahan akun Facebook Widia adalah salah atau keliru.
Foto Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin dengan Istri, Wury Estu Handayani dan beberapa orang di belakangnya adalah foto karya Jurnalis Antara, Nova Wahyudi. Foto tersebut diberi keterangan “Wakil Presiden terpilih Ma’ruf Amin (tengah) memimpin doa bersama didampingi istri Wuri Estu Handayani Ma’ruf Amin (kanan) beserta keluarga sebelum mengikuti upacara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 di Jakarta, Minggu (20/10/2019). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.”
Sedangkan artikel viva.co.id yang ditayangkan pada Jumat, 5 Juni 2020, pukul 06.06 WIB, judulnya tidak seperti yang diklaim akun Facebook Widia Siddiq. Tetapi dengan waktu yang sama, judul artikel dari viva.co.id yang asli adalah “Jokowi Pusing Tangani Corona, Ma’ruf Amin ‘Hilang Ditelan Bumi’.”
Dengan begitu, unggahan akun Facebook Widia Siddiq menurut Misinformasi dan Disinformasi dari First Draft dapat dikategorikan sebagai Manipulated Content atau Konten yang Dimanipulasi.
=====


REFERENSI:
1. https://archive.fo/ZbmG5
2.https://www.facebook.com/groups/206379407197729/permalink/287705975731738/?_rdc=3&_rdr
3.https://www.antarafoto.com/…/maruf-amin-berdoa-bersama
4.https://www.viva.co.id/…/1220019-jokowi-pusing-tangani