[SALAH] “Keasang pengarep mampu menangani virus Corona di Jakarta asal menjadi gubernur DKI”

Tidak ada pernyataan dari Kaesang Pangarep yang meyatakan dia mampu menangani virus Corona COVID-19. Artikel yang dibagikan oleh sumber klaim sendiri merupakan artikel periksa fakta yang membantah klaim tersebut. Melalui kanal Youtube, Kaesang sendiri juga sudah membantah klaim itu.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
============================================

Akun Andrian (fb.com/100038035968076) membagikan sebuah artikel berjudul “Kaesang Pangarep Dikabarkan Mampu Tangani Corona Jika Maju Jadi Gubernur DKI Jakarta, Simak Faktanya” dengan narasi sebagai berikut:

“Keasang pengarep(pengharap) menyebutkan dirinya mampu menangani virus Corona di Jakarta asal menjadi gubernur DKI…
Virus Corona hanya isu pemerintah..
Sama seperti Jokowi bpk nya dulu seperti itu cara nya..jokowi hanya menjual diri popularitas tak lebih dari seorang penyanyi..arti nya Jokowi bkn lah seorang yg pintar mengelola perekomian negara …”

Selengkapnya di https://archive.md/Flpiu (Arsip)

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa Kaesang Pangarep menyebutkan dirinya mampu menangani virus Corona di Jakarta asal menjadi gubernur DKI adalah klaim yang salah.

Tidak ada pernyataan dari Kaesang Pangarep yang meyatakan dia mampu menangani virus Corona COVID-19. Artikel yang dibagikan oleh sumber klaim sendiri merupakan artikel periksa fakta yang membantah klaim tersebut. Melalui kanal Youtube, Kaesang sendiri juga sudah membantah klaim itu.

Pada tanggal 25 Mei 2020, Hoax Crisis Center Jawa Barat (@hccjawabarat) membuat artikel periksa fakta yang menyatakan bahwa tidak ada pernyataan Kaesang yang mengatakan jika wabah Covid-19 di Jakarta akan mudah diatasi jika dirinya menjadi Gubernur berdasarkan pencarian dari beberapa media daring.

Dikutip dari Medcom.id, klaim ini kabar bohong yang kembali muncul di tengah masyarakat. Tim Cek Fakta Medcom.id, pernah menelusuri narasi dengan substansi yang sama. Meskipun kali ini, narasi hoaks disusun dengan ulasan yang berbeda.

“Tidak ada pemberitaan atau pernyataan resmi dari Kaesang yang meyatakan demikian,” tulis Medcom.id dalam laporan yang dimuat pada Rabu 27 Mei 2020.

Artikel berjudul “Kaesang Pangarep Dikabarkan Mampu Tangani Corona Jika Maju Jadi Gubernur DKI Jakarta, Simak Faktanya” yang dimuat di situs republika.ikhtisar.net pada 9 Juni 2020 ini sendiri sebenarnya adalah artikel periksa fakta yang dikutip dari artikel berjudul “Kaesang Pangarep Dikabarkan Mampu Tangani Corona Jika Maju Jadi Gubernur DKI Jakarta, Simak Faktanya” yang dimuat di situs depok.pikiran-rakyat.com pada 26 Mei 2020.

Dalam artikel tersebut, dituliskan hasil periksa fakta sebagai berikut:

“Namun faktanya Kaesang Pangarep tidak pernah mengunggah narasi yang menyatakan dirinya akan menanggulangi penyebaran virus corona di Jakarta jika ia maju menjadi Gubernur DKI Jakarta.
Foto yang digunakan dalam unggahan Facebook merupakan hasil suntingan yang diambil dari laman Instagram Kaesang Pangarep.
Foto tersebut menampilkan kegiatan Kaesang Pangarep yang juga bekerja dari rumah selama pandemi. Kaesang saat itu mengenakan kemeja berwarna putih polos, celana pendek merah, dan sandal berwarna merah dan biru.
Atas kemeja, bawahan celana pendek, dan pakai sandal. Outift of the Day (OOTD) ngantor zaman now,” tutur Kaesang Pangarep dalam unggahan di Instagram pribadinya pada 24 April 2020.
Dalam ungggahan tersebut Kaesang Pangarep sama sekali tidak meyinggung bahasan tentang Pilkada dan rencananya dalam memimpin DKI Jakarta.
Setelah ditelusuri lebih lanjut juga tidak ditemukan informasi yang menyebut Kaesang Pangarep menyatakan dirinya bisa dengan mudah mengendalikan virus corona jika maju menjadi Gubernur DKI Jakarta.
Sementara pada saat yang sama, Kaesang Pangarep disoroti beberapa pihak karena gayanya yang nyentrik dan disebut-sebut mewakili gaya anak muda melalui aktivitas kesehariannya.
Maka dari itu foto dengan klaim yang menyatakan majunya Kaesang Pangarep menjadi gubernur DKI Jakarta untuk dapat menangani pandemi menjelang Pilkada tersebut tidak benar.***”

Pada tanggal 1 Juni 2020, Kaesang Pangarep sendiri juga sudah membantah klaim tersebut melalui kanal Youtubenya.

REFERENSI
https://www.instagram.com/p/CAnGkTol2II/
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/GbmY9l1b-kaesang-mampu-tangani-virus-korona-jika-menjadi-gubernur-dki-jakarta
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/GKdOlqdk-cek-fakta-kaesang-sebut-pandemi-covid-19-di-jakarta-bisa-diatasi-jika-dir
https://republika.ikhtisar.net/kaesang-pangarep-dikabarkan-mampu-tangani-corona-jika-maju-jadi-gubernur-dki-jakarta-simak-faktanya/
https://depok.pikiran-rakyat.com/cek-fakta/pr-09389130/kaesang-pangarep-dikabarkan-mampu-tangani-corona-jika-maju-jadi-gubernur-dki-jakarta-simak-faktanya
https://www.youtube.com/watch?v=0USTeImpQeg&t=17s

About Adi Syafitrah 783 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo