[SALAH] Swafoto Gus Yaqut dengan Narasi “Menjadi Nasionalis akan Semu jika Anda tidak mencintai PDI P.”

Unggahan swafoto Ketua Umum GP Ansor, Gus Yaqut yang dibelakangnya terdapat massa yang memegang dan mengibarkan bendera PDI Perjuangan adalah hasil suntingan atau editan. Juga narasi yang diklaim akun Facebook Manurung Hutapea yang mengesankan Gus Yaqut mengatakan bahwa “Menjadi Nasionalis akan Semu jika Anda tidak mencintai PDI P.” tidak ditemukan beritanya di media daring.
=====


KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi
=====


SUMBER: Facebook ( https://archive.fo/ocpQT )
=====


NARASI:
“Menjadi Nasionalis akan Semu jika Anda tidak mencintai PDI P.,” tulis akun Facebook Manurung Hutapea atau @manurung.hutapea.16 bersama foto Ketua Umum Ketua Umum GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas yang dibelakangnya nampak banyak orang memegang dan mengibarkan bendera PDI Perjuangan, Senin (8/6).
=====


PENJELASAN:
Akun Facebook Manurung Hutapea atau @manurung.hutapea.16 mengunggah swafoto Ketua Umum GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas atau yang akrab disapa Gus Yaqut dengan dibelakangnya terdapat massa yang memegang dan mengibarkan bendera PDI Perjuangan.
Tidak hanya mengunggah foto, akun Facebook Manurung Hutapea juga menambahkan narasi berikut, “Menjadi Nasionalis akan Semu jika Anda tidak mencintai PDI P.,” tulisnya, Senin (8/6).
Setelah menelusuri melalui mesin pencari, unggahan dan narasi yang diklaim akun Facebook Manurung Hutapea adalah tidak benar atau keliru.
Foto yang diunggah akun Facebook Manurung Hutapea adalah gabungan dari dua foto. Pertama, foto massa memegang dan mengibarkan bendera PDI Perjuangan adalah foto karya Jurnalis IDN Times, Teatrika Handiko Putri. Foto ini menjadi sampul pada artikel berjudul “Begini Suasana Kampanye Terbuka PDIP di Alun-alun Kota Tangerang” yang ditayangkan pada Minggu, 24 Maret 2019 lalu.
Sedangkan foto kedua, yang menampakan Gus Yaqut swafoto adalah foto yang ditayangkan oleh beberapa media daring di antaranya Berita Satu dengan judul “GP Ansor: Jangan Klaim Kemenangan, Tunggu Hasil Resmi KPU” dan Media Indonesia dengan judul “Ketua GP Ansor Sayangkan Klaim Prabowo sebagai Presiden Terpilih”. Kedua artikel ditayangkan pada Kamis, 18 April 2019.
Selain itu, tidak ditemukan juga pernyataan dari Gus Yaqut seperti yang diklaim akun Facebook Manurung Hutapea bahwa “Menjadi Nasionalis akan Semu jika Anda tidak mencintai PDI P.”
Dengan begitu, foto dan narasi yang diunggah akun Facebook Manurung Hutapea dalam kategori Misinformasi dan Disinformasi dari Firs Draft dapat disebut sebagai Manipulated Content atau Konten yang Dimanipulasi.
=====


REFERENSI:
1. https://archive.fo/ocpQT
2.https://www.facebook.com/groups/1778152662215040/permalink/3414259635270993/?_rdc=1&_rdr
3.https://www.idntimes.com/…/begini-suasana-kampanye…/5
4.https://www.beritasatu.com/…/gp-ansor-jangan-klaim
5.https://mediaindonesia.com/…/230533-ketua-gp-ansor