[SALAH] Panggilan Seleksi Rekrutmen Pertamina Tanggal 7-8 Juni 2020

Pertamina melalui akun Twitternya (@pertamina) menyatakan bahwa surat panggilan seleksi rekrutmen untuk tanggal 7-8 Juni 2020 adalah penipuan. Informasi terkait lowongan kerja di PT Pertamina dapat dilihat di https://recruitment.pertamina.com/job.

=====

Kategori: Fabricated Content/Konten Palsu

=====

Sumber: Surat

=====

Narasi:

Surat bernomor 20198/HRD/PT Pertamina Persero/VI/2020 perihal panggilan seleksi rekrutmen karyawan (i). Dalam surat disebutkan lokasi seleksi rekrutmen di Gedung Perwira 2 Lantai 1 Jl. Medan Merdeka Timur 1A, Jakarta Pusat.

=====

Penjelasan:

Beredar surat yang diklaim sebagai surat panggilan seleksi rekrutmen PT Pertamina yang akan diadakan pada 7-8 Juni 2020. Disebutkan pula dalam surat seleksi tersebut berlokasi di Gedung Perwira 2 Lantai 1 Jl. Medan Merdeka Timur 1A, Jakarta Pusat.

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa Pertamina tidak mengeluarkan surat tersebut. Adapun, pihak Pertamina sudah mengklarifikasinya melalui akun Twitter miliknya, yakni @pertamina.

Klarifikasi itu disampaikan oleh @pertamina saat menjawab pertanyaan dari salah satu akun Twitter @abigail_mega. Pertamina menyatakan bahwa undangan tes rekruitmen itu merupakan penipuan. “Selamat Siang Sobat @abigail_mega. Terkait undangan tes rekrutmen yang diterima merupakan penipuan yang mengatasnamakan Pertamina. Mohon dapat diabaikan dan berhati-hati terhadap penipuan Sobat. (1/2),” twit @pertamina.

Adapun, melanjutkan jawabannya, akun @pertamina mengimbau bahwa informasi untuk melamar pekerjaan dapat dilihat di laman resmi milik Pertamina. “Sebagai informasi untuk melamar pekerjaan di Pertamina yaitu melalui registrasi secara online di website resmi https://recruitment.pertamina.com. Terima kasih,” tulis akun tersebut.

Lalu, saat membuka laman https://recruitment.pertamina.com tidak ditemukan adanya lowongan atau informasi terkait rekutmen tanggal 7-8 Juni 2020.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka dapat dipastikan bahwa surat panggilan tes rekuritmen pada tanggal 7-8 Juni 2020 bukan berasal dari Pertamina dan disinyalir sebagai penipuan. Oleh sebab itu, konten surat tersebut masuk ke dalam kategori Fabricated Content atau Konten Palsu.

=====

Referensi:

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1203958779936655/

https://www.kominfo.go.id/content/detail/26988/hoaks-panggilan-seleksi-rekruitmen-karyawan-pt-pertamina-pada-tanggal-7-8-juni-2020/0/laporan_isu_hoaks

https://www.pertamina.com/id/waspada-penipuan

https://recruitment.pertamina.com/job