[SALAH] J&T Promo Bagi-Bagi Handphone

Informasi J&T bagi-bagi ponsel bukan berasal dari pihak J&T Indonesia disinyalir sebagai modus penipuan. Diketahui bahwa pihak J&T Indonesia sudah memberikan bantahannya melalui media sosialnya pada 17 Januari 2020.

=====

Kategori: Fabricated Content/Konten Palsu

=====

Sumber: Facebook

https://archive.fo/vYnuF

=====

Narasi:

“nih Buat Teman-teman yang belum tau info.j&t lagi bagi” promo hadiah handphone sumpah ini bneran dapet, saya iseng” cobain modal 200ribu pulsa untk bayar pajak tiba2 ada kurir j&t

datang nganterin paket hadiah aku samsung s9+ nya Kerumah hpnya baru lagi dan dapat garansi 3bln, yg ngedaftar hari ini sudah pasti  dapat semua karena

stock tersedia kalau mau ambil juga buka aja situs webnya : jntyes. com

atau bisa langsung hubunggi no admin di (nomor telepon disamarkan)”

=====

Penjelasan:

Beredar postingan yang menyebutkan perusahaan ekspedisi J&T tengah mengadakan promo membagi-bagikan ponsel. Dalam narasi disebutkan untuk dapat mengikuti promo tersebut harus mengakses laman khusus atau mengontak nomor telepon yang disertakan.

Berdasarkan hasil penelusuran, pihak J&T Indonesia sudah pernah membantah informasi mengadakan promosi semacam itu di media sosial miliknya. Melalui Instagram resminya (@jntexpressid) J&T menyatakan bahwa pihaknya tidak pernah memberikan hadiah melalui situs yang tidak resmi.

Berikut isi klarifikasi lengkap pihak J&T Indonesia:

[…] JnT Friends, jangan percaya ya kalau disuruh transfer sejumlah uang dan dijanjikan akan dikirimkan hadiah oleh J&T Express!

Selalu berhati-hati ya, JnT Friends.

Tips #DenganJnT Waspada Penipuan :

1. J&T Express tidak pernah memberikan hadiah melalui situs yang tidak resmi.

2. Waspada apabila terdapat pihak yang mengatasnamakan J&T Express yang menghubungi anda.

3. J&T Express tidak pernah meminta biaya apapun untuk proses klaim hadiah. […]

Lalu, bila dibaca pada kolom komentar sumber, diketahui bahwa akun yang menyebarkan sudah tidak dipegang oleh pengguna aslinya. Disinyalir, akun tersebut telah diretas.

Perlu diketahui, laman resmi milik J&T Indonesia beralamatkan di https://www.jet.co.id/ dan setelah diperiksa di dalam laman tersebut juga tidak ditemukan promo seperti pada klaim narasi.

Berdasarkan hal tersebut maka konten yang tersebar mengenai promosi J&T membagi-bagikan ponsel tidak benar. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk ke dalam kategori Fabricated Content atau Konten Palsu.

=====

Referensi:

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1202411750091358/

https://www.jet.co.id/

https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-tidak-benar-perusahaan-pengiriman-jt-membagikan-hadiah-berupa-ponsel.html