[SALAH] “MetroTV Akui Anies Adalah Presiden RI”

Di video asli, Anies Baswedan tetap ditulis sebagai Gubernur DKI Jakarta. Foto itu merupakan potongan dari video berita yang headlinenya “PRESIDEN TINJAU KESIAPAN KENORMALAN BARU” karena memang berisi liputan tentang Presiden Joko Widodo yang meninjau kesiapan kenormalan baru di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta pada 26 Mei 2020.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
============================================

Beredar artikel berjudul “MetroTV Akui Anies Adalah Presiden RI” yang dimuat di situs alumni212[dot]id pada 29 Mei 2020.

Berikut kutipan artikelnya:

“Stasiun televisi nasional MetroTV ‘mengakui’ bahwa Anies Baswedan bukanlah Gubernur DKI Jakarta melainkan Presiden RI. Hal tersebut terlihat dari teks headline berita berjudul “Presiden Tinjau Kesiapan Kenormalan Baru” di program Selamat Pagi Indonesia. Padahal di situ adalah gambar Anies Baswedan yang sedang diwawancarai.”

Selengkapnya di https://archive.md/IZwer (Arsip)

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa stasiun televisi MetroTV mengakui Anies Baswedan adalah Presiden Republik Indonesia karena menampilkan gambar Anies Baswedan yang sedang diwawancarai dengan teks headline berita berjudul “Presiden Tinjau Kesiapan Kenormalan Baru” adalah klaim yang salah.

Foto itu merupakan potongan dari video berita yang teks headlinenya “PRESIDEN TINJAU KESIAPAN KENORMALAN BARU” karena memang berisi liputan tentang Presiden Joko Widodo yang meninjau kesiapan kenormalan baru di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta pada 26 Mei 2020.

Di video asli yang berdurasi 9 menit 40 detik, pada menit ke 6:23, Anies Baswedan tetap ditulis sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Video aslii diunggah oleh kanal Youtube milik metrotvnews pada 25 Mei 2020 dengan judul “Kesiapan Kenormalan Baru”.

Video itu merupakan bagian dari acara “Selamat Pagi Indonesia” yang berisi liputan langsung kegiatan Presiden Joko Widodo yang meninjau kesiapan kenormalan baru di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta. Dalam kunjungan tersebut, Presiden juga didampingi oleh Gubernur Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Idham Azis.

REFERENSI
https://www.youtube.com/watch?v=tGaYFMggc6Q
https://www.youtube.com/watch?v=j-8J3n6h-Gc
https://www.metrotvnews.com/play/NnjCdZXM-jokowi-tinjau-kesiapan-kenormalan-baru-di-stasiun-mrt-bundaran-hi
https://www.metrotvnews.com/play/NgxCrdW8-kesiapan-kenormalan-baru

About Adi Syafitrah 720 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo