[SALAH] Mamah Dedeh Meninggal Dunia

Ustazah Mamah Dedeh belum meninggal dunia. Ustaz Yusuf Mansyur telah mengkonfirmasi bahwa kabar itu tidak benar. “Masih hidup, barusan saya ngebel diangkat,” ungkap Yusuf Mansyur (27/5).

=====

Kategori: Fabricated Content/Konten Palsu

=====

Sumber: Whatsapp

=====

Narasi:

“Innaa lillaahi wa inna illaihi Roojiuun..

Telah berpulang ke Rahmatullah Ustazdah tercinta panutan muslim tanah air,  MAMAH DEDEH  pada hari selasa tanggal 26 Mei 2020 , pukul 22.28 WIB ,karena sakit di EKA HOSPITAL BUMI SERPONG DAMAI TANGERANG BANTEN.😢😢”

=====

Penjelasan:

Beredar pesan berantai melalui Whatsapp yang menyatakan bahwa Ustazah kenamaan yang karib disapa Mamah Dedeh meninggal dunia. Ustazah bernama asli Dedeh Rosidah dikabarkan meninggal tanggal 26 Mei 2020 pukul 22.28 WIB di Eka Hospital Bumi Serpong Damai, Tangerang, Banten.

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa informasi tersebut tidak benar. Dilansir dari wartakota.tribunnews.com, Abdel Achrian atau dikenal dengan Cing Abdel yang pernah menjadi pendamping di acara Mamah dan AA di Indosiar menuliskan pada Instastory akunnya bahwa kabar tersebut tidak benar.

“Banyak yang nanya kabar lewat WA soal Mamah Dedeh, Alhamdulillah sudah ditelpon beliau sehat saja. Gak bener tuh kabar meninggal,” tulis Abdel pada Instastory akun (@abdelachrian).

Senada dengan Abdel, Ustaz Yusuf Mansyur pun menyatakan hal yang sama. Ia menyatakan bahwa dirinya baru saja berkomunikasi dengan Mamah Dedeh. “Masih hidup, barusan saya ngebel diangkat,” ungkap Yusuf Mansyur (27/5) kepada beepdo.com.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka pesan berantai yang menyatakan Mamah Dedeh meninggal pada 26 Mei 2020 tidak benar. Konten pesan berantai itu masuk ke dalam kategori Fabricated Content atau Konten Palsu.

=====

Referensi:

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1194247494241117/

https://wartakota.tribunnews.com/2020/05/27/mamah-dedeh-dikabarkan-meninggal-abdel-alhamdulillah-mamah-sehat-itu-hoaks

https://prfmnews.pikiran-rakyat.com/hiburan/pr-13389238/hoaks-mamah-dedeh-meninggal-dunia

https://www.beepdo.com/riris/104629/awas-hoax-ustazah-mamah-dedeh-dikabarkan-meninggal-dunia