[SALAH] “Hari ini 2 kasir Chandra karang dinyatakan positive Covid 19”

Pesan tersebut diketahui adalah palsu alias hoaks, setelah pihak kepolisian yang dibarengi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung angkat bicara. Pusat perbelanjaan Chandra sendiri hingga saat ini telah bekerjasama dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 setempat dengan menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan yang dianjurkan.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FABRICATED CONTENT

===

SUMBER: PESAN BERANTAI WHATSAPP

===

NARASI:

Sekilas info

Daro grup sebelah

Hari ini 2 kasir Chandra karang dinyatakan positive Covid 19

Ya Allah..kasir yg mana yaa..

Pasti bnyak konsumen jg yg SDH terpapar..

===

PENJELASAN: Masyarakat Lampung dikejutkan dengan beredarnya informasi seputar adanya dua orang pegawai di pusat perbelanjaan Chandra Superstore yang positif virus corona atau Covid-19. Informasi tersebut disebarkan melalui pesan berantai Whatsapp dalam beberapa hari terakhir. Menurut narasi yang beredar, disebutkan pula bahwa pasti banyak pengunjung yang telah terpapar Covid-19 dikarenakan dua orang kasir yang positif tersebut.

Menanggapi informasi yang sudah menyebar di masyarakat, pihak kepolisian yang telah melakukan konfirmasi kepada Satgas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung akhirnya angkat bicara. Melansir dari suara.com, Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad menegaskan bahwa pesan tersebut adalah palsu alias hoaks.

‘’Bahwa hasil konfirmasi dengan pihak Satgas Terpadu Gugus Percepatan Covid-19 Provinsi Lampung tidak ada nama dari pegawai Chandra Supermarket di Lampung yang terkonfirmasi Covid-19,” jelas Kombes Zahwani.

Lebih lanjut diimbau kepada masyarakat, untuk tidak turut serta menyebarkan informasi yang tidak mempunyai kejelasan sumber valid. Oleh sebab itu, Kombes Zahwani meminta masyarakat agar selalu mengecek kembali segala informasi, sebelum akhirnya dibagikan kepada pihak lain.

“Dengan demikian informasi yang beredar di medsos adalah hoaks. Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Provinsi Lampung di tengah pandemi Covid-19 agar tidak memberikan informasi yang belum jelas, agar disaring sebelum disharing, demi keamanan dan kenyamanan bersama. Terima kasih,” tegas Kombes Zahwani.

Sementara itu, Staff Promosi Chandra Superstore Apriati juga turut menegaskan bahwa informasi perihal dua kasir positif Covid-19 adalah hoaks. Hal tersebut juga didukung dengan adanya pengecekan dari puskesmas Kampung Sawah. Saat itu petugas kesehatan segera turun langsung untuk mengecek seluruh absensi karyawan dan juga kasir Chandra Superstore. Hasilnya seluruh karyawan diketahui masuk dan dinyatakan dalam keadaan sehat.

“Tadi juga sudah ada dari puskesmas Kampung Sawah datang kemari untuk mengecek absensi karyawan dan kasir, mereka masuk dalam keadaan sehat semua. Jadi informasi itu tidak benar,” jelas Apriati.

Lebih lanjut Apriati menjelaskan jika pihaknya telah bekerjasama dengan pihak Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung, untuk turut serta mengikuti protokol kesehatan sesuai dengan arahan yang dianjurkan.

“Kita sendiri saat ini memang bekerjasama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Jadi di Chandra memang sudah ada protokol kesehatan yang dijalankan,” tambahnya.

===

REFERENSI:

https://news.detik.com/berita/d-5028152/beredar-kabar-2-kasir-di-lampung-positif-corona-begini-faktanya
https://www.suara.com/partner/content/saibumi/2020/05/26/134824/polri-pastikan-informasi-2-orang-terpapar-covid-19-di-lampung-hoax