[SALAH] Foto “FBI Menangkap Bill Gates Karena Terorisme Biologis”

Foto suntingan / editan. Foto aslinya adalah foto yang memperlihatkan penangkapan Vincent Asaro pada Kamis 23 Januari 2014. The Betoota Advocate adalah situs berita satir di Australia yang sering memberikan “bumbu” dalam topik-topik yang sedang hangat berdasarkan pengamatan sosial.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
============================================

Beredar artikel berjudul “FBI Arrests Bill Gates For Biological Terrorism After Tip Off From Melbourne 5G Protestors” atau yang jika diterjemahkan “FBI Menangkap Bill Gates Karena Terorisme Biologis Setelah Memberi Tip Dari Melbourne 5G Protestor” yang dimuat di situs betootaadvocate[dot]com pada 11 Mei 2020.

Artikel itu memuat foto yang seolah adalah suasana penangkapan Bill dengan tangan diborgol.

“Pendiri miliarder Microsoft, Bill Gates (64) telah ditangkap oleh FBI hari ini atas tuduhan terorisme biologis setelah terungkap ia menciptakan coronavirus sehingga ia dapat mengendalikan kami karena ia selalu tertarik pada hal semacam itu.” Tulis situs tersebut.

Sumber : http://archive.md/2pPhG (Arsip)

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa foto yang ditayangkan di situs betootaadvocate[dot]com adalah foto suasana penangkapan Bill Gates oleh FBI atas tuduhan terorisme biologis setelah terungkap dia menciptakan coronavirus dengan tangan diborgol adalah klaim yang salah.

Foto itu adalah foto suntingan atau foto hasil manipulasi. Foto aslinya adalah foto yang memperlihatkan penangkapan Vincent Asaro pada Kamis 23 Januari 2014.

Vincent Asaro (78) dituduh ikut serta dalam sebuah pencurian terkenal di sebuah terminal Lufthansa di Bandara John F Kennedy (JFK), New York, tahun 1978. Kejahatan itu membuat para pencuri tersebut meraup sekitar 6 juta dollar AS (atau Rp 72,5 miliar) dalam bentuk tunai dan perhiasan.

Dia merupakan salah satu dari lima tersangka mafia yang ditahan, tetapi dia satu-satunya yang dituduh berpartisipasi dalam pencurian di Lufthansa itu.

Namun, pada Jumat 13 November 2015, CNN Indonesia melansir artikel pembebasan Asaro.

“Seorang mafia berusia 80 tahun, Vincent Asaro, dinyatakan tak bersalah atas tuduhan keterlibatan dalam pencurian di bandara New York tahun 1978, yang menjadi inspirasi film Goodfellas,” tulis CNN Indonesia dalam laporannya.

Sementara itu, terkait dengan situs betootaadvocate[dot]com, The Betoota Advocate adalah situs berita satir di Australia yang sering memberikan “bumbu” dalam topik-topik yang sedang hangat berdasarkan pengamatan sosial.

REFERENSI
https://www.straitstimes.com/world/mobster-arrested-over-goodfellas-jfk-heist
https://health.grid.id/read/352152270/heboh-fbi-tangkap-bill-gates-benarkah-ia-pencipta-virus-covid-19?page=all
https://en.wikipedia.org/wiki/The_Betoota_Advocate
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/wkBYrQqb-foto-penangkapan-bill-gates-dengan-tangan-diborgol-fbi
https://internasional.kompas.com/read/2014/01/24/1427579/www.smh.com.au
https://www.cnnindonesia.com/internasional/20151113095225-134-91403/mafia-yang-dituduh-pelaku-perampokan-goodfellas-bebas

About Adi Syafitrah 660 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo