[SALAH] “Puan: Jika Negara Ingin Maju Dan Berkembang, Pendidikan Agama Islam Harus Di Hapus!!”

Hoaks Lama Beredar Kembali (HLBK). Rujukan postingan itu, yakni operaind[dot]blogspot.com, merupakan laman yang tidak jelas siapa penulisnya dan artikelnya merupakan hasil editan.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
=============================================

Akun Agus S (fb.com/iwanameng.ameng) mengunggah sebuah gambar ke grup Anies Baswedan For President 2024 (fb.com/groups/2573437279610101) dengan narasi sebagai berikut:

“Kita jangan diam dong”

Di gambar yang dia unggah, terdapat narasi sebagai berikut: “Puan: Jika Negara Ingin Maju Dan Berkembang, Pendidikan Agama Islam Harus Di Hapus!!”

Sumber : http://archive.md/A8JWL (Arsip)

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelurusan, klaim bahwa Puan Maharani menyebut syarat jika ingin negara maju dan berkembang, pendidikan Agama Islam harus dihapus adalah klaim yang salah.

Klaim ini adalah Hoaks Lama Beredar Kembali (HLBK). Pada Desember 2018, Kala itu, Puan yang masih menjabat Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, dicatut namanya seolah-olah membuat pernyataan tersebut.

Tapi sebenarnya, narasi itu merupakan tuduhan yang dialamatkan kepada Ketua Umum Yayasan Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP) Siti Musdah Mulia. Musdah dituduh membuat pernyataan tersebut.

Namun dalam kesempatan terpisah, Musdah membantah memberikan pernyataan itu. Ia juga membantah satu partai dengan Puan, yakni PDI Perjuangan.

“Klaim postingan bahwa Puan Maharani, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, akan menghapus pendidikan agama tidak benar. Rujukan postingan itu, yakni operaind[dot]blogspot.com, merupakan laman yang tidak jelas siapa penulisnya dan artikelnya merupakan hasil editan dari beberapa artikel tentang tuduhan kepada Musdah Mulia sebagai Kader PDIP dan inisiator penghapusan pendidikan Agama Islam. Artikel yang dirujuk itu pun tidak benar. Sebab, Musdah sudah memberikan klarifikasi melalui video di channel ICRP4Peace Channel. dan menyatakan bahwa isu dirinya kader PDIP dan ingin menghapus pelajaran Agama Islam tidak benar,” tulis Turnbackhoax.id dalam laporannya pada Kamis 13 Desember 2018.

REFERENSI
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/4bamaRvb-ketua-dpr-sebut-syarat-negara-maju-pendidikan-agama-islam-harus-dihapus
https://turnbackhoax.id/2018/12/13/salah-puan-jika-negara-ingin-maju-dan-berkembang-pendidikan-agama-islam-harus-di-hapus/

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo