[SALAH] Video “sebagian pekerjaan pembangunan PLTU Morowali”

TIDAK terkait pembangunan PLTU Morowali. Selain video lama, sebagian isi video menampilkan proses pemasangan Turbin Angin, BUKAN Turbin Uap.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

Akun “1w@nK9🇮🇩#StayAtHome🏧” (twitter.com/ichwankalimasad), sudah dibagikan 164 kali per tangkapan layar dibuat.

http://archive.md/T93N8 (arsip cadangan).

======

NARASI

“Inilah sebagian dari pekerjaan pembangunan PLTU Morowali yg dikerjakan -/+ 500 TKA China.. sudah ditawarkan kpd pekerja lokal tetapi ga ada yg sanggup/mau

Anda mau bertaruh nyawa, dulu dibuka kesempatan kpd warga lokal namun tidak berani, nah apa harus dipaksa? Lihat video 👇”.

======

PENJELASAN

(1) First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”

Selengkapnya di http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S.

* SUMBER membagikan video lama, sebagian isi video menampilkan proses pemasangan Turbin Angin.

* SUMBER menambahkan narasi yang menghubungkan dengan pembangunan Turbin Uap (PLTU Morowali; PLTU = Pembangkit Listrik Tenaga Uap), tidak sesuai dengan fakta sehingga menimbulkan kesimpulan yang keliru.


(2) Salah satu video yang berkaitan, “«jokЕР»🃏” (twitter.com/vadim137502) @ 27 Nov 2019: “Not stokers, we are not carpenters
But there are no bitter regrets
And we are installers
And hello from above you Building constructionMan construction worker”

Google Translate, https://archive.md/lB7Vi (arsip cadangan).


(3) Bagian yang tampil di video: Hub dan Rotor blade, berkaitan dengan bagian-bagian (parts) Turbin Angin:

* PHOENIX CONTACT: “Overview: wind turbine generators”, selengkapnya di “Wind turbine generators” http://archive.md/O7o2T (arsip cadangan).

* Hitachi: “Hub

The hub consists of the hub housing and a pitch system.”

Selengkapnya di “Nacelle and Hub” http://archive.md/ju4aD (arsip cadangan).


(4) Berkaitan dengan Turbin Angin vs Turbin Uap,

* Wikipedia: “Turbin angin adalah kincir angin yang digunakan untuk membangkitkan tenaga listrik. Turbin angin ini pada awalnya dibuat untuk mengakomodasi kebutuhan para petani dalam melakukan penggilingan padi, keperluan irigasi, dll. Turbin angin terdahulu banyak dibangun di Denmark, Belanda, dan negara-negara Eropa lainnya dan lebih dikenal dengan Windmill.”

Selengkapnya di “Turbin angin” https://bit.ly/3bzVPnf / http://archive.md/Q0Iks (arsip cadangan).

* Wikipedia: “Sebuah turbin uap adalah perangkat yang ekstrak energi panas dari tekanan uap dan menggunakan itu untuk melakukan kerja mekanik pada poros yang berputar. Manifestasinya yang modern ditemukan oleh Charles Parsons pada tahun 1884. [1] [2]”

Google Translate, selengkapnya di “Turbin uap” https://bit.ly/3dL86a6 / http://archive.md/fJRwK (arsip cadangan).

======

REFERENSI

Beberapa artikel yang berkaitan dengan pembangunan PLTU Morowali,

* KOMPAS.com: “”Jika 500 TKA China sampai tidak jadi didatangkan, maka sebanyak 3.000 lebih tenaga kerja lokal terancam kehilangan pekerjaannya,” kata Indrayanto.

Indrayanto juga menjelaskan, setelah seluruh tungku smelter dikerjakan, para TKA asal China itu akan kembali ke negaranya.”

Selengkapnya di “Soal 3.000 Pekerja Lokal Terancam Dipecat Jika 500 TKA China Batal Datang, Ini Penjelasannya” https://bit.ly/3dRpp9u / https://bit.ly/3dRpp9u (arsip cadangan).

* AP3I.or.id @ 23 Apr 2018: “TEMPO.CO, Palu – Koordinator Media Relation PT Indonesia Morowali Industri Park (IMIP) Morowali Dedy Kurniawan mengatakan sebanyak tiga pabrik pengolahan baja (smelter) dan dua unit Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) direncanakan akan dibangun dalam kawasan itu pada 2018.”

Selengkapnya di “PT IMIP Akan Bangun 3 Pabrik Baru dan 2 PLTU di Morowali” https://bit.ly/3dTXi9M / http://archive.md/qrreW (arsip cadangan).