[SALAH] Pesan Berantai “ada 13 org penjual daging yg positif covid19, sekarang ini di pasar cileungsi lg dilakukan test swab massal”

SWAB tes baru dilakukan pada tanggal 15 Mei 2020 dan hasilnya baru bisa keluar setelah 14 hari kemudian. Pihak pengelola Pasar Cileungsi sudah melaporkan pelaku penyebaran pesan berantai ke pihak kepolisian.

=====

Kategori: False Context/Konten yang Salah

=====

Sumber: Whatsapp

=====

Narasi:

“Buat teman2 yg tinggal di sekitar cileungsi…klo bisa jangan ke pasar cileungsi dlu. Karena ada 13 org penjual daging yg positif covid19, sekarang ini di pasar cileungsi lg dilakukan test swab massal. Bukan hoax ya teman teman…”

=====

Penjelasan:

Beredar pesan berantai Whatsapp yang menyebutkan bahwa ada 13 orang penjual daging di Pasar Cileungsi diketahui positif terpapar virus Corona atau Covid-19 dan tengah dilakukan tes SWAB massal di lokasi pasar.

Berdasarkan hasil penelusuran, kabar tersebut dibantah oleh pihak pengelola Pasar Cileungsi. Direktur Utama PD Pasar Tohaga, Haris Setiawan menyebut informasi tersebut tidak benar. Dia menjelaskan, tes swab yang dilakukan di Pasar Cileungsi, Jumat (15/5) belum dapat ditentukan hasilnya.

Ada 30 orang di Pasar Cileungsi mengikuti tes swab. Terdiri dari 25 orang pedagang dan lima orang pegawai PD Pasar Tohaga Unit Cileungsi.

“Termasuk kepala pasar dan petugas harian. Hasil swab kan keluarnya 14 hari setelah tes. Jadi dari mana itu bisa menyatakan sudah ada yang positif,” kata Haris.

Tes swab dilakukan oleh Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Cileungsi dan petugas kesehatan Puskesmas Cileungsi pada Jumat pagi.

Kepala Pasar Cileungsi, Mulyadi Setiawan mengaku kewalahan atas beredarnya kabar 13 pedagang daging di Pasar Cileungsi positif terpapar Covid-19.

“Kami sudah mengantongi identitas yang menyebarkan kabar hoaks itu. Laki-laki usia 30 tahun berinisial I dan kami sudah membuat laporan kepolisian untuk diproses,” tegas Mulyadi.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka konten tersebut tidak benar. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk ke dalam kategori False Context atau Konten yang Salah.

=====

Referensi:

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1185783151754218/

https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-tidak-benar-ada-13-pedagang-pasar-cileungsi-bogor-positif-covid-19.html

https://radarsukabumi.com/jawa-barat/bogor/hoaks-13-pedagang-di-pasar-cileungsi-positif-covid-19/

https://bogor.pojoksatu.id/baca/beredar-13-pedagang-pasar-cileungsi-positif-corona-cek-faktanya

https://www.radarbogor.id/2020/05/15/beredar-kabar-13-pedagang-di-pasar-cileungsi-positif-covid-19-ini-fakta-sebenarnya/