[SALAH] “jgn ke lippo dulu sdh zona merah, 14 orang terpapar d lippo”

Masyarakat Kendari dikejutkan dengan beredarnya informasi perihal adanya 14 orang dinyatakan positif virus corona atau Covid-19 setelah berkunjung ke Lippo Plaza Kendari. Pasca viralnya informasi tersebut, pihak terkait yakni jajaran manajemen Lippo Plaza Kendari dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kendari menyatakan tidak benar alias hoaks.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FABRICATED CONTENT

===

SUMBER: PESAN BERANTAI WHATSAPP

===

NARASI:

Z sampaikan teman2 untuk sementara waktu jgn ke lippo dulu sdh zona merah, 14 orang terpapar d lippo

===

PENJELASAN: Melalui media sosial Facebook dan juga pesan berantai Whatsapp, warga Kendari dihebohkan dengan munculnya narasi perihal 14 orang dinyatakan positif virus corona atau Covid-19 setelah berkunjung ke Lippo Plaza Kendari. Dalam narasi yang beredar, masyarakat sementara waktu diimbau tidak berkunjung ke Lippo Plaza Kendari untuk menghindari adanya penularan.

Menanggapi informasi tersebut, jajaran manajemen Lippo Plaza Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan klarifikasi. Director Lippo Plaza Kendari, Hendro Saksono menjelaskan bahwa hingga saat ini belum ditemukan satu pun kasus positif Covid-19 terhaap karyawan mall dan karyawan tenant.

“Lippo Plaza Kendari telah mengikuti semua prosedur Covid-19 sesuai anjuran pemerintah. Semua karyawan mall dan pengunjung akan dilakukan pengecekan suhu badan, mewajibkan penggunaan masker selama ini di area mall atau tenant,” pungkasnya.

Sementara itu, senada dengan manajemen Lippo Plaza Kendari penyataan serupa juga dituturkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kendari. Melansir dari lenterasultra.com, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kendari, Alghazali Amirullah dengan tegas menyatakan bahwa informasi tersebut tidak benar alias hoaks.

“Sekali lagi saya sampaikan kepada masyarakat, jika penyampaikan itu bukan bersumber dari Satgas Covid-19 yang ada di daerah, maka kami yakinkan itu adalah berita hoaks,” tegasnya.

===

REFERENSI:

https://zonasultra.com/hoaks-petugas-lippo-plaza-kendari-positif-covid-19.html
https://web.facebook.com/kendariinfocom/posts/137312984583718
http://archive.fo/dIdOE