[SALAH] Video “Warga india diserang Serangga beracun”

Bukan video serangan serangga beracun di India. Enam video itu merupakan video dari beberapa peristiwa yang berbeda. Satu video memang adalah video seekor serangga yang menyerang seekor tikus hingga mati tapi tiga video diambil dari kejadian bocornya gas kimia di sebuah pabrik di India. Dua video tidak direkam di India, melainkan di Amerika Serikat dan Kolombia.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
=============================================

Akun Aput Doang (fb.com/apud.saepudin.777) mengunggah 6 video dengan narasi sebagai berikut:

“Warga india diserang Serangga beracun”

Sumber : http://archive.md/eeSs1 (Arsip)

Keterangan video di bagian PENJELASAN.

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta Tempo, klaim bahwa ada video warga India diserang serangga beracun adalah klaim yang keliru.

Bukan video serangan serangga beracun di India. Enam video yang diunggah sumber klaim merupakan video dari beberapa peristiwa yang berbeda.

Satu video memang adalah video seekor serangga yang menyerang seekor tikus hingga mati tapi tiga video diambil dari kejadian bocornya gas kimia di sebuah pabrik di India. Dua video tidak direkam di India, melainkan di Amerika Serikat dan Kolombia.

Video pertama yang berdurasi 53 detik memperlihatkan seekor serangga yang menyerang seekor tikus hingga mati. Video ini pernah diunggah ke Yotube oleh kanal M. Outanalt pada 14 Juli 2018. Video tersebut diunggah dengan judul “The battle of animals. Mouse against wasp”. Gambar tangkapan layar dari video pergulatan antara lebah dan tikus itu juga pernah dimuat dalam sebuah artikel di situs Ahaber.com pada 24 Oktober 2018.

=============================

Video kedua berdurasi sekitar 1 menit, terlihat sejumlah warga yang tergeletak di jalanan. Beberapa di antaranya merupakan wanita dan mengenakan sari, pakaian khas para perempuan di India. Terdengar pula suara sirene ambulans dalam video ini.

Video ini pernah dimuat oleh kanal YouTube milik media India, IndianExpressOnline, pada 6 Mei 2020 dengan judul “Gas leaks from Visakhapatnam’s LG Polymers plant, area vacated”. Dalam keterangannya, diketahui bahwa video itu memperlihatkan peristiwa bocornya gas di pabrik milik LG Polymers di Visakhapatnam, India. Warga mengeluhkan kebocoran gas itu menyebabkan munculnya sensasi terbakar di mata dan ruam pada tubuh serta sulit bernapas.

=============================

Video ketiga yang berdurasi 9 detik memperlihatkan suasana di pinggiran jalan sebuah kota, di mana terdapat beberapa wanita yang tergeletak di trotoar. Dalam video ini, terdengar juga suara sirene mobil polisi.

Video ini juga merupakan video peristiwa kebocoran gas kimia di lokasi industri LG Polymers di Desa Venkatapuram, Visakhapatnam, India. Menurut keterangan di kanal milik media India, Times Now, yang mengunggah video itu pada 6 Mei 2020, enam orang tewas dan lebih dari 250 orang dirawat di rumah sakit akibat kejadian itu.

=============================

Video keempat yang berdurasi 45 detik menampakkan kawanan serangga yang beterbangan di sebuah kota.

Video ini, dengan kualitas yang lebih baik, pernah diunggah oleh akun Facebook Rs-Loy pada 7 Mei 2020. Akun ini memberikan keterangan, “This happened on 204th and Valentine an outbreak of bees. I hope this is not the Chinese Hornet. #BreakingNews #Bees #Newyork.”

Untuk memastikan petunjuk lokasi tersebut, yakni New York, Tim CekFakta Tempo menelusuri nomor telepon yang tercantum pada papan nama CTown Supermarkets dalam video tersebut. Hasilnya, diketahui bahwa video itu memang diambil di New York, tepatnya di depan CTown Supermarkets di 204th Street, Bronx, New York.

=============================

Video kelima, berdurasi 26 detik, memperlihatkan seorang pria yang menggendong anak kecil yang tak sadarkan diri sembari menangis. Seorang petugas kemudian mengevakuasi anak kecil itu.

Video ini juga terdapat dalam video berita di kanal YouTube

Times Now yang diunggah pada 6 Mei 2020 yang memperlihatkan peristiwa kebocoran gas kimia di lokasi industri LG Polymers di Desa Venkatapuram, Visakhapatnam, India.

=============================

Video keenam, terlihat sejumlah warga yang berlarian ke arah sebuah gedung sambil mengibaskan tangan di atas kepalanya.

Video ini pernah diunggah oleh akun Twitter OJO VALLENATO OFICIAL pada 9 Mei 2020. Namun, akun ini menuliskan keterangan bahwa video itu diambil di Amerika Serikat. Meskipun begitu, banyak komentar yang menyatakan bahwa video itu bukanlah video di AS, melainkan di Kolombia. Hal ini ditunjukkan oleh sebuah taksi yang sempat terlihat dalam video itu yang disebut “zapatico”. Taksi ini merupakan taksi khas Kolombia yang berukuran mungil dan berwarna kuning.

REFERENSI
https://cekfakta.tempo.co/fakta/782/fakta-atau-hoaks-benarkah-ini-video-serangan-serangga-beracun-di-india-saat-pandemi-covid-19
https://www.youtube.com/watch?v=JEn_5s63X-M
https://www.ahaber.com.tr/galeri/yasam/insanlarin-ne-kadar-acimasiz-oldugunu-gosteren-hayvan-katliami-fotograflari/7
https://www.youtube.com/watch?v=ClBHz9fMHiA
https://www.youtube.com/watch?v=XsesisLdtW4
https://www.facebook.com/watch/?v=605072520103695
https://bit.ly/3dO260h
https://twitter.com/EyeVallenatoo/status/1258954657474494464

About Adi Syafitrah 660 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo