[SALAH] Foto “SUDJIATMI DISIKSA DI ALAM BARZAKH”

Foto bergambar tengkorak yang diunggah sumber klaim tidak ada kaitannya dengan almarhumah Sujiatmi Notomiharjo, ibunda Presiden Joko Widodo. Foto itu sudah beredar di internet setidaknya sejak tahun 2008.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN san REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Salah
=============================================

Akun Heru Santoso (fb.com/100022813232676) mengunggah dua gambar dengan sebagian narasi sebagai berikut:

“SUDJIATMI DISIKSA DI ALAM BARZAKH
Hj. Sudjiatmi ( Ibu Presiden Jokowi) Tersiksa di alam kubur secara sadis, secara brutal dan sangat kejam. Tanpa ampunan. Disaat tgl. 25 april 2020 bulan lalu Jenazah H. Sudjiatmi di semayamkan ke alam kubur, entah tiba2 hanya seorang yang belum beranjak dari makamnya.
Beliau ternyata Presiden Joko Widodo.
Tepat di atas kuburan ibunda tercinta, tiba tiba Jokowi Presiden RI mendengar Suara yang menjerit jerit dari bawah tempat duduknya, tolong.. tolong… tolong…. panas… panas… panas… sakit.. sakit… ampun… ampun… ampun.. mendengar Jeritan itu, langsung saja Jokowi Presiden Mengambil Sekop untuk menggali kuburan ibunya, setelah jasad ibunya terlihat, ” betapa kagetnya” presiden Jokowi melihat tubuh ibunya gosong akibat terbakar api yang menyala-nyala dari dalam kuburnya Sudjiatmi.”

Selengkapnya di http://archive.md/N0ZRp (Arsip)

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa foto bergambar tengkorak yang diunggah sumber klaim terkait dengan almarhumah Sujiatmi Notomiharjo, ibunda Presiden Joko Widodo adalah klaim yang salah.

Foto itu sudah beredar di internet setidaknya sejak tahun 2008.

Kemudian, disebutkan di dalam narasi bahwa jenazah almarhumah disemayamkan pada 25 April 2020. Faktanya, almarhumah wafat pada Rabu 25 Maret 2020 dan dimakamkan pada 26 Maret 2020.

Almarhumah dimakamkan di pemakaman keluarga di Mundu, Selokaton, Gondangrejo, Karanganyar, Jawa Tengah. Almarhumah dimakamkan di sisi kanan suaminya, Notomiharjo.

Jokowi turut serta menguburkan jenazah ibunda. Jokowi yang mengenakan kemeja putih, celana hitam, kopiah, dan masker tampak berada di liang lahat saat proses pemakaman Sudjiatmi Notomihardjo.

Dilansir Medcom.id, proses pemakaman Sudjiatmi berlangsung sederhana. Hal itu dilakukan atas kesepakatan keluarga guna menghindari kerumunan masyarakat yang mengiringi dan agar proses pemakaman berjalan tenang.

Dikutip dari Liputan6.com, prosesi pemakaman jenazah ibunda Presiden Jokowi dilakukan di kompleks pemakaman keluarga di Mundu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Tak ada pernyataan pers yang disampaikan Presiden Jokowi usai memakamkan sang ibunda. Setelah menyapa dan berpamitan kepada para pelayat, Jokowi langsung masuk ke dalam mobil warna hitam dan meninggalkan lokasi pemakaman sekitar pukul 13.50 WIB.

Beberapa jam kemudian, Jokowi langsung kembali ke Istana Bogor, Jawa Barat. Ia mengikuti pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa G20 secara virtual, Kamis 26 Maret 2020 malam.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mendapatkan ucapan belasungkawa dari sejumlah pemimpin negara di dunia. Di antaranya dari Raja Salman, Arab Saudi.

“Dia menyampaikan dukacitanya kepada Presiden Jokowi saat membuka pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa G20 secara virtual, Kamis, 26 Maret 2020 malam waktu Indonesia,” tulis Medcom.id dalam laporannya pada Jumat 27 Maret 2020.

REFERENSI
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/dN60w7vk-cek-fakta-benarkah-presiden-jokowi-bongkar-makam-ibunya
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4253401/cek-fakta-kabar-hoaks-ini-menargetkan-almarhumah-ibunda-presiden-jokowi
https://tineye.com/search/8dea1631df1b815e7a1e6504b2b2dbbaafd80844?page=1

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo