[SALAH] Donasi Bahan Iftar dan Sahur di Masa Wabah Covid-19 oleh PKS

Beredar sebuah flyer yang mengatasnamakan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk penggalangan dana berbuka puasa dan sahur di masa pandemi virus corona atau Covid-19. Informasi tersebut lantas mendapat bantahan dari pihak PKS, yang menyatakan bahwa flyer tersebut adalah palsu alias hoaks.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FABRICATED CONTENT

===

SUMBER: FLYER

===

NARASI:

Donasi Bahan Ifthar & Sahur di Masa Wabah COVID-19

===

PENJELASAN: Beredar sebuah flyer yang mengatasnamakan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk penggalangan donasi bahan berbuka puasa dan sahur di tengah pandemic virus corona atau Covid-19. Dalam flyer tersebut turut serta dicantumkan nama serta foto Presiden PKS, Muh Sohibul Iman.

Menanggapi adanya informasi tersebut, pihak terkait yakni partai PKS pun akhirnya melakukan penelusuran lebih lanjut. Melansir dari timesindonesia.com, Sekretaris DPW PKS Sulteng Rustam Abidin menegaskan terkait dengan flyer yang mengatasnamakan partainya tersebut adalah tidak benar alias hoaks.

“Flyer itu hoaks. Kami pastikan bahwa itu bukan dari PKS. Saat ini tim sedang melakukan pelacakan untuk mencari tahu pelakukanya. Kami sudah dapat data-data pelakunya, bukan hanya nama, sampai NIK dan alamatnya sudah kami kantongi,” jelasnya.

Lebih lanjut Rustam menjelaskan dirinya dikontak oleh tim cyber DPP PKS terkait dengan adanya flyer penggalangan dana tersebut. Pasalnya nomor rekening yang tercantum di dalam flyer terdata sebagai nasabah yang berdomisili di Kota Palu. Informasi tersebut lantas ditindaklanjuti lebih lanjut hingga data terkait pelaku ditemukan.

“Alhamdulillah, kami dapat data pelaku. Bahkan kami sudah dapat nomor HP-nya dan telah melakukan kontak dengan si pelkau,” pungkas Rustam.

===

REFERENSI:

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/270965/nama-presiden-pks-dicatut-beredar-flyer-hoax-penggalangan-donasi-covid19
https://media.alkhairaat.id/presiden-pks-dicatut-beredar-flyer-hoax-penggalangan-donasi-covid-19/