[SALAH] “KABAR BARU WARGA VIETNAM US!R KETURUNAN C!NA”

BUKAN kabar baru. Peristiwa tahun 2014, berkaitan dengan protes pembangunan anjungan minyak di wilayah sengketa Laut Cina Selatan.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

Page “Natuna for militer” (facebook.com/mediaonline87), sudah dibagikan 19 ribu kali per tangkapan layar dibuat.

https://archive.md/94REs (arsip cadangan).

======

NARASI

“KABAR BARU !! WARGA VIETNAM US!R WARGA KETURUNAN C!NA DI NEGARANYA..”

======

PENJELASAN

(1) First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”

Selengkapnya di http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S.

* SUMBER membagikan video peristiwa tahun 2014, berkaitan dengan pembangunan anjungan minyak di wilayah sengketa Laut Cina Selatan.

* SUMBER menambahkan narasi yang tidak sesuai dengan fakta sehingga menimbulkan kesimpulan yang keliru, kabar lama disebut sebagai kabar baru.


(2) Beberapa informasi yang berkaitan,

* YouTube: “Vietnam’s anti-China protests | FT World

30,876 views • May 15, 2014

Financial Times
440K subscribers

► Subscribe to the Financial Times on YouTube: http://bit.ly/FTimeSubs

Michael Peel, the Financial Times’ Bangkok regional correspondent, reports from Ho Chi Minh City on the wave of anti-China protests sweeping through Vietnam, sparked by clashes about disputed waters in the South China Sea.”

Video di https://bit.ly/3boHda9 / https://archive.md/nLA3f (arsip cadangan).

* Wikipedia: “Protes anti-Cina Vietnam 2014 ( Vietnam : Biểu tình phản đối Trung Quốc tại Việt Nam 2014 ) adalah serangkaian protes anti-Cina yang diikuti dengan kerusuhan dan kerusuhan di seluruh Vietnam pada Mei 2014, sebagai tanggapan terhadap Cina yang mengerahkan anjungan minyak di sengketa. wilayah Laut Cina Selatan .”

Google Translate, selengkapnya di “2014 protes anti-Cina Vietnam” https://bit.ly/2xOGO3a / https://archive.md/cJwNB (arsip cadangan).

======

REFERENSI

Beberapa artikel yang berkaitan,

* BBC @ 14 Mei 2014: “Sengketa teritorial

Awal bulan ini, China memindahkan rig minyak Haiyang Shiyou 981 120 mil lautnya ke lepas pantai Vietnam.

Daerah itu dekat Kepulauan Paracel, tempat Cina dan Vietnam mengajukan klaim.”

Google Translate, selengkapnya di “Protes anti-Cina Vietnam: Pabrik-pabrik terbakar” https://bit.ly/2xOUg7c / https://archive.md/HID33 (arsip cadangan).

* The Diplomat @ 14 Mei 2014: “Meskipun protes dipicu oleh kemarahan pada anjungan minyak Cina yang beroperasi di perairan Vietnam mengklaim sebagai Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE), perusuh juga merusak perusahaan Taiwan di daerah tersebut. Seperti dilaporkan kantor berita Taiwan CNA , para perusuh menargetkan pabrik-pabrik “dengan tanda-tanda bertuliskan karakter Cina atau orang-orang berkebangsaan Cina sebagai manajer, banyak di antaranya sebenarnya adalah perusahaan Taiwan.” Pabrik-pabrik milik warga Jepang, Korea Selatan, dan Singapura juga rusak dalam kerusuhan itu.”

Google Translate, selengkapnya di “Para perusuh di Vietnam Menyerang Tiongkok, Pabrik Taiwan” https://bit.ly/3fCYqjy / https://archive.md/zsiPW (arsip cadangan).