[SALAH] CISUMDAWU Jalan Tol Terkeren Di Indonesia

Hasil Periksa Fakta Indri Pramesti Widyaningrum (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Gunadarma)

Hoaks Lama Bersemi Kembali (HLBK). Gambar tersebut bukan penampakan Jalan Tol CISUMDAWU, melainkan penampakan Jalan Raya D400 Mersin-Antalya di Turki.

=====

Kategori: Konten Yang Salah

====

Sumber: Facebook

https://archive.fo/9YiG1

====

Narasi:

“Biar para kampreet pda kejang kejang.”

Narasi pada gambar:

“Jokowi Hebat

Jalan Tol terkeren di Indonesia, CISUMDAWU(CILEUNYI-SUMEDANG-DAWUAN), yang membelah gunung dan masuk gunung, memungkinkan Bandung<>Tegal ditempuh hanya dalam 2 jam, Bandung<>Semarang hanya 3.5 jam.”

====

Penjelasan:

Beredar sebuah unggahan di Facebook, unggahan tersebut menyebutkan jika foto yang diunggah merupakan foto Jalan Tol CISUMDAWU (Cileunyi-Sumedang-Dawuan).

Berdasarkan hasil penelusuran, isu tersebut sudah pernah beredar dan sudah dibahas dalam artikel periksa fakta berjudul “[SALAH] Foto penampakan tol Cisumdawu, Cileunyi-Sumedang-Dawuan yang memangkas dan menerobos bukit” pada 25 Maret 2019 di turnbackhoax.id. Diketahui bahwa, gambar jalan itu merupakan  Jalan Raya D400 Mersin-Antalya di Turki.

Selain itu video yang memperlihatkan jalan tersebut juga sempat diunggah dalam akun youtube Mesut Aygar pada 20 September 2017.

Berdasarkan penjelasan di atas, foto yang diunggah tersebut merupakan foto jalanan di D400 Mersin-Antalaya, Turki. Maka informasi tersebut masuk ke dalam Konten Yang Salah.

====

Referensi:

https://cekfakta.tempo.co/fakta/165/fakta-atau-hoaks-benarkah-jalan-yang-membelah-gunung-ini-adalah-jalan-tol-cileunyi-sumedang-dawuan

https://jabar.idntimes.com/news/jabar/rochmanudin-wijaya/foto-jokowi-unggah-foto-tol-cisumdawu-ini-penampakan-dari-satelit-regional-jabar