[SALAH] Terjadi Penyekapan di Apotek Pancasan Kota Bogor

Beredar sebuah video yang dilengkapi keterangan bahwa telah terjadi aksi perampokan dan penyekapan di wilayah Pancasan, Kota Bogor. Menurut komentar warga yang terdapat dalam video, telah terjadi perampokan dan penyekapan di dalam sebuah Apotek wilayah Pancasan, Kota Bogor. Namun setelah pihak berwajib mendalami laporan tersebut, diketahui bahwa tidak benar telah terjadi aksi perampokan dan penyekapan di Pancasan.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FALSE CONTEXT

===

SUMBER: MEDIA SOSIAL FACEBOOK

===

NARASI:

PERAMPOKAN di pancasan Bogor Selatan yang Menyandera korbannya.

===

PENJELASAN: Melalui media sosial Facebook, bereda sebuah video yang diiringi dengan narasi bahwa telah terjadi perampokan dan penyanderaan di sebuah apotek wilayah Pancasan, Kota Bogor. Pasca viralnya informasi tersebut, pihak kepolisian pun langsung melakukan penelurusan lebih lanjut.

Melansir dari radarbogor.com, Kapolsek Bogor Barat Kompol Sundarti menjelaskan bahwa video dengan keterangan perampokan disertai penyekapan adalah tidak benar alias hoaks. Sundarti menjelaskan bahwa peristiwa sebenarnya adalah seorang warga berusia 80 tahun mendapat sebuah telepon yang merujuk kepada unsur penipuan.

“Modus penipuannya, anaknya disekap dan minta tebusan. Kejadiannya Rabu malam dan memang sedang ramai di dekat situ,” pungkasnya.

Lebih lanjut Sundarti menjelaskan, pria 80 tahun yang mendapat telepon itu pun histeris dan membuat warga sekitar gaduh. Alhasil banyak warga yang menyimpulkan kejadian tersebut, sehingga informasi seputar terjadinya penyekapan dan perampokan pun tak terhindarkan.

“Anggota kita sudah cek lokasi. Saat ini pemilik apotek sudah dimintai keterangan. Jadi bukan perampokan dan penyekapan, tapi lelaki itu menyampaikan ke warga anaknya di sekap dan beredar di warga sekitar,” jelasnya.

===

REFERENSI:                

https://kumparan.com/kumparannews/hoaxbuster-tak-benar-ada-penyekapan-di-apotek-pancasan-kota-bogor-1tN8HdFu0jr/full
http://archive.fo/uvdum
http://archive.fo/bUYtQ