[SALAH] Kartu yang Dijanjikan Wapres Ma’ruf Saat Debat Cawapres Belum Terealisasi

Foto Wapres Ma’ruf yang diunggah akun Facebook Putra Inka adalah suntingan foto saat mengenalkan tiga kartu yakni KIP Kuliah, Kartu Sembako dan Kartu Prakerja pada debat Cawapres yang ketiga, Minggu, 17 Maret 2019 lalu. Kemudian klaim akun Facebook Putra Inka yang menyatakan tiga kartu tersebut belum terealisasi adalah salah. Cara mendapatkan ketiga kartu tersebut dapat dilihat pada website https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/, https://tirto.id/cara-dan-prosedur-dapatkan-kartu-sembako-murah-eLyr dan https://www.instagram.com/prakerja.go.id/.

=====

KATEGORI: Misleading Content

=====

SUMBER: Media Sosial Facebook

=====

NARASI:

1. “Kartu Ajaib Pak Jokowi Belanja Gratis dipasar Wuhan Tiongkok,” tulisan dalam unggahan gambar Wakil Presiden Ma’ruf Amin oleh akun Facebook Putra Inka atau @dennissikobo.taww, Selasa (5/5).

2. “Segarkan Kembali Memori kita. Melawan Lupa,Hukumnya Apa Seorang Kyai Menjanjikan Sesuatu Pada Masyarakat Tapi Tidak Di Tepati,.? Pepatah Jawa’Sumbu Ketemu Tutup’Tukang Ngibul Ketemu Tukang Jual Fatwa,Apa Pemirsa Ada Yang Tau Mbah Yai Sekarang Ada Di Mana Saat Rakyat Susah Seperti ini Menanti Kartu’ AJAIB’ Yang Serba Gratis Di Janjikan Mbah Yai, “ tulis akun Facebook Putra Inka dalam unggahannya.

=====

PENJELASAN:

Akun Facebook Putra Inka atau @dennissikobo.taww Kembali membuat unggahan yang isinya foto Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin yang tengah berdiri di depan stand mic dengan kertas bertuliskan 01 dan tangan kanan yang mengangkat tiga kartu. Dalam foto Wapres Ma’ruf yang diunggah oleh akun Putra Inka, juga terdapat tulisan yang bunyinya, “Kartu Ajaib Pak Jokowi Belanja Gratis dipasar Wuhan Tiongkok.”

Tidak hanya mengunggah foto Wapres Ma’ruf, akun Facebook Putra Inka juga menambahkan narasi yang inti pesannya adalah Wapres Ma’ruf yang juga seorang ulama dianggap tidak memenuhi janji terkait kartu – kartu bantuan untuk masyarakat. Berikut narasi lengkapnya:

“Segarkan Kembali Memori kita. Melawan Lupa,Hukumnya Apa Seorang Kyai Menjanjikan Sesuatu Pada Masyarakat Tapi Tidak Di Tepati,.? Pepatah Jawa’Sumbu Ketemu Tutup’Tukang Ngibul Ketemu Tukang Jual Fatwa,Apa Pemirsa Ada Yang Tau Mbah Yai Sekarang Ada Di Mana Saat Rakyat Susah Seperti ini Menanti Kartu’ AJAIB’ Yang Serba Gratis Di Janjikan Mbah Yai, “ tulis akun Facebook Putra Inka dalam unggahannya, Selasa (5/5).

Setelah ditelusuri melalui mesin pencari, faktanya unggahan akun Facebook Putra Inka adalah salah atau keliru.

Foto Wapres Ma’ruf yang diunggah akun Facebook Putra Inka adalah karya dari Jurnalis Jawa Pos, Issak Ramadhan. Foto tersebut diambil saat Ma’ruf melaksanakan kegiatan debat Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada Minggu, 17 Maret 2019 di  The Sultan Hotel, Jakarta. Dalam foto tersebut tidak terdapat tulisan seperti yang diklaim akun Facebook Putra Inka yakni “Kartu Ajaib Pak Jokowi Belanja Gratis dipasar Wuhan Tiongkok.”

Kemudian terkait klaim narasi akun Facebook Putra Inka yang menanyakan keberadaan kartu ajaib yang dijanjikan Wapres Ma’ruf dan menilai Ketua Non Aktif Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu berbohong, faktanya juga salah.

Diketahui pada debat Cawapres dengan Sandiaga Uno ketika itu, Wapres Ma’ruf menjanjikan adanya tiga kartu yaitu, pertama Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Kartu Sembako Murah dan Kartu Prakerja.

Faktanya ketiga kartu tersebut sudah direalisasikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Ma’ruf.

Untuk KIP Kuliah, informasi untuk mendapatkannya dapat dilihat pada situs kemendikbud.go.id. Kemudian, Kartu Sembako Murah juga sudah terealisasi dan cara mendapatkannya dapat dilihat melalui artikel yang ditayangkan tirto.id berjudul “Cara dan Prosedur Dapatkan Kartu Sembako Murah.” Lalu terkait Kartu Prakerja juga sudah direalisasikan dengan membuka beberapa gelombang pendaftaran. Sampai saat ini sudah tiga gelombang pendaftaran yang dibuka, informasi lengkapnya dapat disimak pada website https://www.prakerja.go.id/tentang-kami dan akun Instagram @prakerja.go.id.

=====

REFERENSI:                                                                                                                                                           

1. https://archive.fo/4S6Pu#selection-1123.0-1131.217

2.https://www.facebook.com/groups/2573437279610101/permalink/2716082872012207/

3.https://www.jawapos.com/nasional/politik/20/03/2019/debat-cawapres-maruf-amin-dinilai-berikan-efek-kejut/

4.https://nasional.kompas.com/read/2019/03/17/20281221/di-debat-ketiga-maruf-amin-pamerkan-3-kartu-program-baru

5. https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

6. https://tirto.id/cara-dan-prosedur-dapatkan-kartu-sembako-murah-eLyr

7.  https://www.prakerja.go.id/tentang-kami

8. https://www.instagram.com/prakerja.go.id/