[SALAH] Terjadi Pemblokiran Akses Jalan Kerinci Bangko

Akses Kerinci Bangko dikabarkan mengalami pemblokiran untuk memutus mata rantai virus corona atau Covid-19. Informasi tersebut berawal dari unggahan sebuah akun Facebook yang kemudian viral di kalangan masyarakat Kerinci dan Merangin. Informasi tersebut diketahui adalah palsu alias hoaks, setelah pihak kepolisian dan camat setempat melakukan pemeriksaan langsung ke lokasi yang dimaksud.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FABRICATED CONTENT

===

SUMBER: MEDIA SOSIAL FACEBOOK

===

NARASI: Akses kerinci bangko sdh diblokir di bdg 12. Semoga virus covid-19 cepat berlalu Aamiin.

===

PENJELASAN: Sebuah akun Facebook @AfaninFY mengunggah informasi yang menyebut bahwa akses jalan Kerinci Bangko telah dilakukan pemblokiran. Sontak unggahan @AfaninFY pun cukup mengejutkan masyarakat khususnya mereka yang tinggal di wilayah Kerinci dan Merangin. Pasca beredarnya informasi tersebut, pihak kepolisian pun akhirnya melakukan pengecekan langsung ke lokasi.

Melansir dari brito.id, diketahui bahwa informasi yang disebut oleh akun @AfaninFY adalah palsu alias hoaks. Kapolres Kerinci, AKBP Heru Ekwanto menyatakan bahwa unggahan tersebut tidak benar. Heru menuturkan bahwa hingga saat ini akses Kerinci Bangko masih lancar seperti biasa dan tidak ada penutupan seperti yang dimaksud.

“Itu tidak benar, tidak ada pemblokiran seperti itu, sampai saat ini tidak ada penutupan dan akses masih lancar seperti biasanya,” jelas Kapolres.

Senada dengan pihak kepolisian, Camat wilayah Batang Merangin menjelaskan bahwa informasi perihal pemblokiran akses adalah tidak benar alias hoaks. Fakta tersebut ia dapat setelah melakukan pengecekan langsung ke lapangan.

“Hoaks itu, kito sudah cek kelapangan,” singkatnya.

Melihat unggahan miliknya tidak sesuai denga fakta dan cukup meresahkan masyarakat, akun @AfaninFY pun akhirnya meminta maaf atas informasi yang diunggahnya tersebut. Berikut isi permohonan maaf akun @AfaninFY:

“Saya dengan ini mentatakan permohon maaf sebesar besarnya kepada seluruh masyarakat kab.kerinci dan kota s. penuh atas kesalahan yg telah saya perbuat tentang berita yg saya unggah kedalam facebook td sore tgl 1 mei 2020 tentang pemblokiran jalan kerinci bangko yg ditutp DI BEDENG 12 adalah tidak benar atau HOAX, Saya akui itu kesalahan dan kekhilafan saya sendiri maka dari itu saya moho maaf atas kesalahan tersebut yang telah meresahkan masyarakat. Sekali lagi saya mohon maaf atas kelalaian saya tidak mengecek terlebih dahulu kebenaran atas foto yang saya dapat, saya cm ingin mengingatkan agar kita waspada terhadap wabah virus covid19. Saya pastikan hal seperti ini tidak akan terulang kembali. Dan juga kepada bapak kapolres kerinci dan apparat lainnya saya mohon maaf yang sebesar besarnya atas berita ini.”

===

REFERENSI:

https://www.brito.id/kapolres-pastikan-pemblokiran-jalan-kerinci-bangko-hoax
https://jambiekspres.co.id/read/2020/05/01/31658/photo-pemblokiran-jalur-bangko–kerinci-di-bedeng-12-hoax