[SALAH] Sejak Indonesia Merdeka, Baru Gubernur Anies yang Dikunjungi 40 Dubes Tanpa Diundang

Gubernur Anies dalam akun Instagramnya @aniesbaswedan mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengundang 40 dubes itu dalam rangka Diplomatic Corps Gathering.

=====

KATEGORI: Misleading Content

=====

SUMBER: Media Sosial Facebook

=====

NARASI:

“Sejak Indonesia merdeka hingga sekarang, baru sekali ini seorang GUBERNUR mendapat kunjungan 40 Duta besar di dunia, tanpa di undang….,” tulisan pada tampilan layar yang diunggah akun Facebook Diana Ana, Rabu (15/4).

=====

PENJELASAN:

Akun Facebook Diana Ana mengunggah screenshot atau tampilan layar foto Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dengan beberapa orang. Dalam unggahannya tersebut terdapat narasi, “Sejak Indonesia merdeka hingga sekarang, baru sekali ini seorang GUBERNUR mendapat kunjungan 40 Duta besar di dunia, tanpa di undang….,” tulisan pada tampilan layar yang diunggah akun Facebook Diana Ana, Rabu (15/4).

Akun Facebook Diana Ana juga menambahkan pertanyaan, “KAN #AniesKeren ????,” tulisnya, Rabu (15/4).

Setelah dilakukan penelusuran, unggahan akun Facebook Diana Ana tidak sepenuhnya benar atau keliru.

Foto tersebut memang benar yaitu foto Gubernur Anies dengan 40 Duta Besar (Dubes) di antaranya berasal dari negara Kawasan Afrika, Amerika Latin dan Timur Tengah yang diambil di Balai Kota DKI Jakarta pada Kamis, 11 April 2019. Foto tersebut mirip dengan foto karya Jurnalis Tribun News, Pebby Ade Liana pada artikel bertajuk “Terima Dubes 40 Negara, Anies Baswedan Dicurhati Pelayanan Transjakarta.”

Namun klaim akun Facebook Diana Ana yang mengatakan Gubernur Anies mendapat kunjugan dari 40 dubes ini tanpa diundang adalah salah.

Diketahui di Instagram Gubernur Anies yakni @aniesbaswedan, pada Selasa, 9 April 2019, Ia mengunggah beberapa foto Bersama para dubes di Balai Kota DKI Jakarta. Pada unggahan tersebut, Gubernur Anies menuliskan keterangan yang mengatakan bahwa kehadiran dubes yang ada adalah diundang dalam rangka kegiatan Diplomatic Corps Gathering.

“Diplomatic Corps Gathering tahun lalu langsung mengundang semua duta besar ke Balai Kota, berlangsung baik, namun sayangnya jadi sedikit kesempatan untuk berinteraksi lebih dekat dengan mereka. Jadi pada tahun ini kami undang bergelombang, pada gelombang pertama siang ini adalah duta besar dari negara-negara Asia Pasifik,” tulis akun Instagram @aniesbaswedan, Selasa (9/4/2019).

Dilansir dari detik.com pada artikel berjudul “Anies Bertemu 40 Dubes Negara Sahabat, Bahas Pantai hingga Lokasi Joging” yang ditayangkan Kamis, 11 April 2019, Gubernur Anies mengatakan pertemuan dengan dubes adalah pertemuan rutin tahun agar Pemprov tahu kebutuhan kedutaan besar dan organisasi internasional lainnya.

“Yang harus difasilitasi oleh Pemprov itu dari mulai masyarakat di perkampungan, sampai dengan kantor kantor perwakilan negara-negara perwakilan organisasi internasional,” ucap Anies.

=====

REFERENSI:

1. https://archive.fo/NPIxn
2. https://web.facebook.com/photo.php?fbid=507503073464842&set=a.162860331262453&type=3
3.https://jakarta.tribunnews.com/2019/04/11/terima-dubes-40-negara-anies-baswedan-dicurhati-pelayanan-transjakarta
4. https://www.instagram.com/p/BwCKtSbHRTn/
5. https://news.detik.com/berita/d-4506244/anies-bertemu-40-dubes-negara-sahabat-bahas-pantai-hingga-lokasi-joging

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1174399979559202/