[SALAH] Peta Jalur Lalu Lintas PSBB Kota Tasikmalaya

Beredar sebuah flyer berisi peta disertai keterangan jalur-jalur baik yang akan ditutup ataupun dibuka pada PSBB dan Operasi Ketupat wilayah Kota Tasikmalaya. Peta tersebut beredar di masyarakat melalui media sosial dan juga pesan berantai dalam beberapa hari terakhir. Namun setelah ditelusuri lebih lanjut, pihak kepolisian menyatakan informasi dalam flyer tersebut adalah palsu alias hoaks.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FABRICATED CONTENT

===

SUMBER: FLYER

===

PENJELASAN: Sebuah flyer dengan gambar peta yang mengklaim bahwa peta tersebut merupakan rancangan rekayasa lalu lintas (lalin) rencana PSBB dan Operasi Ketupat Covid-19 wilayah Kota Tasikmalaya beredar. Untuk lebih meyakinkan masyarakat, peta tersebut bahkan diberi logo polri dan mengatasnamakan Sat Lantas Tasikmalaya Kota.

Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, belakangan diketahui bahwa peta rekayasa lalin tersebut adalah palsu alias hoaks. Melansir dari kapol.id, Kapolres Tasikmalaya AKBP Anom Karibianto menegaskan peta tersebut tidak benar.

“Itu hoaks,” tegasnya.

Senada dengan AKBP Anom, klarifikasi juga dituturkan oleh Wakil Wali Kota Tasikmalaya H Muhammad Yusuf. Yusuf menegaskan bahwa peta tersebut sempat dibahas dalam rapat yang dilakukan di bale kota.

“Pak Wali pun menginstruksikan supaya dicari siapa yang menyebarkannya. Itu hoaks, lah pembahasan saja belum selesai kok,” pungkas Yusuf.

Lebih lanjut Yusuf menjelaskan bahwa hingga saat ini persiapan penerapan PSBB sendiri sudah menyentuh angka 80 persen. Hanya tinggal beberapa tahapan lagi untuk pengaturan dan regulasi penerapan PSBB.

“Kita juga kan masih menunggu acc Kemenkes atas usulan PSBB se-Provinsi Jawa Barat. Jadi belum bisa dipastikan kapan efektifnya,” tutup Yusuf.

===

REFERENSI:

https://www.radartasikmalaya.com/kapolres-peta-lalin-psbb-kota-tasik-yang-tersebar-di-warga-itu-hoax/