[SALAH] Foto “Kim Jong-un Meninggal Dunia Jadi Trending Twitter”

Foto suntingan / editan. Foto asli adalah foto jenazah Kim Jong Il, ayah Kim Jong Un yang diletakkan di peti kaca.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
=============================================

Akun Twitter Mas Piyu ORI (twitter.com/mas__piyuuu) mengunggah sebuah gambar dengan narasi sebagai berikut:

“Kim Jong-un Meninggal Dunia Jadi Trending Twitter https://bit[dot]ly/2KAYAK8 #KIMJONGUNDEAD”

Gambar itu dikklaim memperlihatkan foto jenazah pemimpim Korea Utara Kim Jong Un.

Sumber :
https://perma.cc/CZU6-APT4 (Arsip)
https://perma.cc/2989-HTWG (Arsip)

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta Medcom, klaim bahwa foto yang diklaim sebagai foto jenazah Kim Jong Un adalah klaim yang salah.

Foto itu adalah foto hasil suntingan. Foto asli adalah foto jenazah Kim Jong Il, ayah Kim Jong Un yang diletakkan di peti kaca.

Melalui reverse image, ditemukan foto identik di sejumlah media luar negeri. Situs independent.co.uk mengunggah foto identik melalui artikel berjudul “China reaches out to ‘Great Successor’ by pledging support” pada Rabu, 21 Desember 2011. Artikel itu memuat foto jenazah Kim Jong Il, ayah Kim Jong Un yang diletakkan di peti kaca.

Foxnews.com juga mengunggah artikel yang memuat foto identik berjudul “North Korean Leader Kim Jong Il’s Body Put on Display in Memorial Palace pada Selasa, 20 Desember 2011. Artikel itu menulis bahwa tubuh penguasa Korut Kim Jong Il di peti mati kaca yang dikelilingi bunga merah dan pewaris mudanya Kim Jong Un adalah salah satu yang pertama yang memberi hormat – sebuah indikasi kuat bahwa transisi kepemimpinan yang lancar sedang berlangsung.

Kim Jong Il adalah penguasan Korut sehak 1948 hingga 2011. Kepemimpinannya diteruskan oleh anaknya Kim Jong Un, yang belakangan memang dikabarkan meninggal dunia.

Dilansir Medcom.id melalui artikel berjudul “Penasihat Presiden Korsel Tegaskan Kim Jong-un Masih Hidup dan Sehat”, mengungkapkan seorang penasihat Presiden Korea Selatan (Korsel) untuk urusan luar negeri, Moon Chung-in menyatakan bahwa pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jing-un masih sehat. Namun tidak jelas keberadaan dari pemimpin Korut tersebut.

“Kecil kemungkinan mengenai kabar kematian Presiden Kim Jong-un saat ini,” ujar Moon Chung-in, seperti dikutip CNN, Senin, 27 April 2020.

“Kim saat ini ‘hidup dan sehat’. Untuk sementara dia menetap di wilayah Wonsan sejak 13 April. Tidak ada gerakan mencurigakan yang terdeteksi sejauh ini,” imbuh Moon.

REFERENSI
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/VNx4gaaN-cek-fakta-foto-jenazah-kim-jong-un-beredar-ini-faktanya
https://www.independent.co.uk/news/world/asia/china-reaches-out-to-great-successor-by-pledging-support-6279850.html?amp
https://www.foxnews.com/world/north-korean-leader-kim-jong-ils-body-put-on-display-in-memorial-palace
https://www.medcom.id/internasional/asia-pasifik/Dkq7XxZN-penasihat-presiden-korsel-tegaskan-kim-jong-un-masih-hidup-dan-sehat

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo